Baru 2 Tahun, Gedung Negara Seharga Rp 2,5 Miliar Ini Sudah Mangkrak

nganjuk
Gedung KPU baru Yang kosong
Matakamera, Nganjuk –Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nganjuk di Kelurahan Begadung, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk, sudah mangkrak sejak pertengahan 2015 lalu. Tepatnya ketika seluruh pegawai dan jajaran komisionernya pilih angkat kaki, dan mengungsi sementara ke kantor Panwaslu Kabupaten Nganjuk. Penyebabnya, mereka takut celaka setelah polisi dan tim ahli konstruksi menyatakan gedung yang baru diresmikan Januari 2014 itu rawan roboh.

Petinggi KPU Nganjuk sebelumnya menerima surat pemberitahuan dari Polres Nganjuk, yang menyebutkan gedung yang didanai APBN 2013 senilai hampir Rp 2,5 miliar itu banyak menyimpan masalah konstuksi, dan berpotensi membahayakan penghuninya sewaktu-waktu. “Setelah kami lihat sendiri, memang beberapa bagian gedung yang sudah rusak-rusak,” kata Ketua KPU Nganjuk Agus Rahman Hakim. Dia menyebut beberapa di antaranya, plafon atap di ruang rapat utama dan plafon atap di atas lobi depan gedung.

Persoalan yang sedang dihadapi KPU Nganjuk itu sudah dilaporkan kepada inspektorat KPU dan petinggi KPU-RI di Jakarta. Namun begitu, Agus mengaku sampai saat ini belum tahu, apa keputusan dan perlakuan jangka panjang dari KPU-RI. Terutama terkait kemungkinan akan merenovasi ulang atau memperbaiki gedung yang sudah terlanjur dibangun menggunakan miliaran uang negara itu.

Untuk diketahui, terbongkarnya kerapuhan konstruksi gedung itu bermula dari penyelidikan dan penyidikan kepolisian setempat, terkait dugaan tindak pidana korupsi saat proyek pembangunannya berjalan pada 2013 silam. Kerugian negara ditaksir sekitar Rp 545 juta.

Oknum petinggi KPU Nganjuk saat itu dan beberapa pihak rekanan diduga kuat bertanggungjawab, dan dalam waktu dekat akan ditetapkan sebagai tersangka. “Alat bukti sudah lengkap. Awal bulan ini (Januari 2016,) kami akan umumkan nama-nama tersangkanya,” ujar Kepala Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Nganjuk Ipda Imam Suyanto. (ab/ foto:korannetra.com)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname