Keren, Kabupaten Ini Punya Puluhan Air Terjun Eksotis

bendolo
Air terjun baru di desa bendolo sawahan
Matakamera, Nganjuk - Jumlah air terjun di Kabupaten Nganjuk bukan satu atau dua, bukan juga belasan. Tetapi, diperkirakan jumlahnya lebih dari 20. Salah satunya seperti diuraikan dalam lama Ngliman.com. Pada artikel yang membahas tentang tempat wisata berbasis air terjun di Kabupaten Nganjuk. Untuk di sekitar Gunung Wilis saja yang merupakan gunung dengan sumber air paling melimpah di Jawa Timur, kini terdapat 10 titik air terjun yang sudah terlacak. Sebagian besar masih ‘perawan’ alias belum terjamah banyak orang.

Beberapa contoh nama air terjun yang rata-rata baru setahun-dua tahun ditemukan itu antara lain Air Terjun Watu Lumbung dan Tetes Embun di Desa Bendolo, Sawahan, Air Terjun Selo Leter, sampai Air Terjun Omben Manuk. Yang disebut terakhir, letaknya ada di atas Air Terjun Sedudo (tertinggi ke 4 se-Indonesia versi mediaindonesia.com), yang merupakan air terjun paling populer di Nganjuk dan terkenal sampai ke seluruh Nusantara. “Saat mendaki Wilis, saya pernah melihat setidaknya ada 7 air terjun tak bernama di atas Sedudo,” kata Aries T. Effendi, anggota Tagana Kabupaten Nganjuk.

Di luar itu, masih ada Air Terjun Roro Kuning di Desa Bajulan, Loceret yang namanya tidak kalah populer dengan Sedudo. Belum lagi, di kawasan pegunungan Kendeng di utara, mulai dari Bendoasri Rejoso sampai Pule, Jatikalen, diperkirakan terdapat belasan air terjun yang belum terjamah manusia. Baru-baru ini ada satu yang sudah mulai ramai dikunjungi, yakni Air Terjun Ngebleng, yang ada di Dusun Tondowesi, Desa Pule, Kecamatan Jatikalen.

(ab/ foto : air terjun Ngebleng, Jatikalen, dari islahagus.blogspot.com)
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname