Darurat Demam Berdarah, Pemkab Jombang Fogging Massal

jombang
petugas melakukan fogging di perkampungan warga di Jombang
matakamera,Jombang - Serangan nyamuk aides aegepty yang telah mewabah hingga menelan empat anak meninggal dunia membuat pemerintah Kabupaten Jombang Jawa Timur melakukan gerakan masal
pembasmian sarang nyamuk dengan cara fogging, pengecekan genangan air hingga antisipasi serangan nyamuk dengan lotion oles. Data pemerintah daerah setempat mencatat sebanyak 115 kasus demam berdarah tersebar di sejumlah rumah sakit. Sedangkan terkait keterbukaan informasi publik yang disinggung wakil ketua dewan setempat pemerintah daerah mempersilahkan siapapun memberikan dan melaporkan data terkait demam berdarah selain dari Dinas Kesehatan.

Gerakan masal pembasmian sarang nyamuk ini digelar serentak di 306 desa, di 21 kecamatan, Kabupaten Jombang.Salah satunya dilakukan di Desa Plandi Kecamatan Jombang kota. Pembasmian dilakukan dengan cara pengasapan atau fogging di tempat tempat yang dijadikan sarang nyamuk.

Dari data yang dilaporkan Dinas Kesehatan ke pemerintah daerah setempat tercatat ada 115 kasus demam berdarah yang tersebar di sejumlah rumah sakit dengan menelan empat korban jiwa dari pasien anak anak.

Penderita terbanyak dirawat di RSUD Jombang yakni 108 kasus. Wabah demam berdarah ini menurut bupati Jombang lebih kejam daripada teroris dan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk tersebut merupakan salah satu langkah antisipasi serangan nyamuk aides aegepty.

Tak hanya itu dikatakan bupati, meski telah menyandang kabupaten sehat namun tidak lepas dari wabah demam berdarah lantaran hal itu adalah sebuah musibah tahunan.

Dibandingkan tahun lalu serangan demam berdarah lebih ganas yakni tercatat ada 646 kasus dengan angka kematian 15 orang. Untuk tahun ini yang belum genap sebulan serangan demam berdarah sudah mengganas dan bupati meminta kepada siapa saja untuk menyampaikan data yang terserangn demam berdarah.

"untuk sampai hari ini ada 115 yang kena demam berdarah di empat rs paling banyak rsud 108 yang meninggal 4, dbd lebih kejam dari terotis sehingga dilakukan pemberantasan sarang nyamuk secara serentak. Ini kan musibah jadi kita harus berantas sedini mungkin, tahun kemarin 646 per januari dengan kejadian meninggal 15 orang selain melakukan fogging pemberantasan sarang nyamuk juga bisa dilakukan dengan membasmi jentik yang biasanya berkembang biak di genangan air. Salah satunya adalah mengecek genangan air di wadah tempat minum burung. Tak hanya itu untuk mengantisipasi serangan nyamuk juga dianjurkan mengoleskan lotion anti nyamuk,”pungkas bupati. ( as )
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname