NU Jatim Ajak Berzikir saat Gerhana Matahari 9 Maret 2016

PWNU
Menurut hasil hisab Lembaga Falakiyah PWNU Jatim, gerhana matahari 9 Maret terjadi 82-86 persen di seluruh wilayah Jawa Timur
Matakamera, Surabaya – Lembaga Falakiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengajak masyarakat, khususnya warga Nahdliyin di Jawa Timur, untuk bersama-sama melaksanakan shalat gerhana dan memperbanyak zikir,  di samping imbauan untuk mengamati fenomena Gerhana Matahari pada hari Rabu, 9 Maret 2016 nanti.
Ajakan tersebut dikeluarkan melalui surat edaran yang dibuat oleh Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur kepada pengurus dan warga NU. Dalam surat edaran resmi tertanggal 26 Februari 2016 tersebut, Lembaga Falakaiyah PWNU Jawa Timur menyatakan bahwa peristiwa alam tersebut terbilang langka dan istimewa, sehingga masyarakat diimbau menyambutnya dengan melakukan shalat gerhana, berzikir dan ikut melakukan pengamatan secara langsung di daerah masing-masing.
Imbauan khusus berupa pengamatan ditujukan bagi PWNU dan PCNU atau pesantren yang memiliki alat khusus untuk kegiatan tersebut. “Peristiwa ini langka dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan pengetahuan tentang peristiwa alam semesta,” ujar Syofiulloh, Ketua Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur. Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang ingin melihat gerhana matahari secara langsung, agar menggunakan alat pengaman kacamata khusus sebagai pelindung mata.
Dalam surat edaran tersebut, PWNU juga memberikan jadwal lengkap gerhana matahari sebagian di Jawa Timur, berdasarkan hasil hisab Lembaga Falakiyah.(ab)

Jadwal jam dan durasi gerhana matahari di Jatim secara lengkap dapat dilihat pada tabel di bawah ini : 
pwnu
sumber : Lembaga Falakiyah PWNU Jatim 2016

 


Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System