Operasi KPK di Nganjuk Masih Jalan Terus, Sekarang Siap - Siap Memanggil ...

bupati
Usai jeda libur Idul Fitri, KPK dikabarkan kembali serius melanjutkan pengusutan kasus korupsi besar yang melibatkan pejabat kakap di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur
matakamera, Nganjuk - Setelah jeda beberapa hari karena libur Idul Fitri, rupanya tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI masih terus melanjutkan proses hukum di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Yaitu, seputar dugaan penyalahgunaan wewenang oleh pejabat negara di Nganjuk berupa gratifikasi/suap-menyuap dan pencucian uang dalam lingkup kegiatan APBD 2008-2015. Kabar terbaru, dalam minggu pertama kerja ini penyidik KPK telah menyiapkan agenda pemeriksaan terhadap pejabat penting di Nganjuk.

Menurut informasi yang dihimpun matakamera.net, agenda pemeriksaan yang sekarang tengah disiapkan penyidik KPK di Jakarta sudah hampir mencapai klimaks, dengan memanggil dan memeriksa seorang saksi penting terkait pelaksanaan APBD 2008-2015. "Setelah Masduwi (Sekda nonaktif) diperiksa beberapa kali, sampai terakhir di kejaksaan. Minggu ini giliran pejabat di atasnya yang diperiksa," kata sumber matakamera.net yang mengikuti proses hukum KPK di Nganjuk sejak awal. Namun, sumber tidak merinci lebih lanjut hari dan tanggal pemeriksaan yang dimaksud.

Sosok saksi yang dimaksud identik dengan nama Bupati Nganjuk Taufiqurrahman, yang sebelumnya pada 28 Juni 2016 lalu sempat dikabarkan menjalani pemeriksaan penyidik KPK di Jakarta. Namun kabar itu langsung dibantah oleh pelaksana harian (Plh) Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati Iskak melalui SMS yang menyebut  tidak ada jadwal pemeriksaan Bupati Nganjuk pada hari dan tanggal yang dimaksud.

Sampai saat ini, pihak KPK memang belum membuat pernyataan resmi seputar perkembangan terbaru pengusutan dugaan tindak pidana korupsi APBD oleh pejabat negara di Nganjuk. Namun demikian, beberapa waktu lalu ketika dikonfirmasi Humas KPK Yuyuk menyebut bahwa proses penyelidikan di Nganjuk terus berjalan sampai nanti ada perkembangan terbaru untuk dibeberkan kepada publik.

Untuk diketahui, sejak awal 2016 KPK telah mmemanggil puluhan orang terkait kasus dugaan tipikor di Nganjuk. Mereka mulai dari pejabat di Pemkab Nganjuk dan DPRD Nganjuk, kalangan pengusaha hingga  pihak lain yang dinilai ada sangkut pautnya dengan kegiatan APBD Nganjuk kurun 2008-2015. (ab)

(Panji Lanang Satriadin)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname