DPRD Nganjuk Soroti Sejumlah Kinerja Pemkab Yang Dianggap Gagal Target

bupati
Suasana rapat paripurna DPRD Nganjuk membahas kinerja eksekutif dalam pelaksanaan APBD 2015, Rabu 3 Agustus 2016
matakamera, Nganjuk - Rapat paripurna membahas kinerja Pemkab Nganjuk dalam APBD 2015 berlangsung di Gedung DPRD Nganjuk Rabu 3 Agustus 2016. Forum ini menjadi ajang bagi legislatif untuk menyoroti sejumlah kebijakan eksekutif yang dinilai meleset dari target. Agenda yang dipimpin  Wakil Ketua DPRD Nganjuk Jianto itu dihadiri langsung Bupati Nganjuk Taufiqurrahman, Wakil Bupati Abdul Wachid Badrus dan Plt Sekda Nganjuk Agus Wahyudi

Beberapa item kinerja eksekutif Nganjuk yang menjadi sorotan antara lain terkait peningkatan pajak, seperti yang disampaikan oleh Siswo, anggota DPRD Nganjuk dari Partai Hanura. Siswo menilai, kinerja para camat dalam memaksimalkan pendapatan pajak masih rendah. “Camat masih malas memungut pajak bupati agar melakukan pembinaan,” ujar Siswo dalam paparannya.

Berikutnya, kalangan dewan juga menyorot perolehan pajak dari reklame dianggap belum maksimal. Pasalnya, masih banyak ditemukan reklame yang tidak bayar pajak. Terkait hal ini, Siswo meminta langsung kepada Bupati Nganjuk untuk segera turun tangan melakukan perbaikan."Bupati agar menghentikan praktek permainan pajak reklame," urai Siswo.

Di luar itu, kebijakan belanja pegawai yang melambung tinggi dan rendahnya kualitas pelayanan juga tidak luput dari sorotan dewan. Begitu pula dengan serapan dana alokasi khusus (DAK)."Seharusnya serapan anggaran bisa lebih tinggi, agar bisa dirasakan masyarakat secara langsung," imbuh Siswo.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Fraksi HNPENAS Raditya Haria Yuangga mengungkapkan, lambatnya serapan DAK berakibat pada kesejahteraan masyarakat seperti banyaknya infrastruktur fisik yang rusak. "Bahkan Nganjuk sekarang diberi julukan kota seribu lubang oleh masyarakat. Ini menjadi PR kita bersama," ujar politisi Partai Hanura ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Nganjuk Puji Santoso juga mengapresiasi kinerja eksekutif dan berharap ke depan agar ada upaya peningkatan layanan dan perbaikan kinerja agar tidak lagi meleset dari target. "Memang ada beberapa catatan yang harus dievaluasi. Prinsipnya kami bersinergi dengan eksekutif untuk meningkatkan kinerja sehingga kesejahteraan masyarakat terpenuhi," ujar politisi PDIP ini.

Menanggapi hal itu, Bupati Nganjuk Taufiqurrahman di depan seluruh anggota DPRD jajaran SKPD yang hadir mengatakan, bahwa pihaknya mengapresiasi semua masukan dan kritikan dewan dan berjanji akan segera menindaklanjuti."Terima kasih atas evaluasi dan kerjasamanya," pungkas Taufiq.(ro/ab)

(M. Roissudin)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname