Usai Sidang Paripurna Istimewa, Bupati Taufiq Bertemu 5 Komisioner KPU Nganjuk. Bahas Apa?

bupati nganjuk
Suasana pertemuan 5 komisioner KPU Nganjuk dengan Bupati Taufiqurrahman, Plt Sekda Agus Wahyudi dan Pimpinan DPRD Nganjuk di Pendopo, 16 Agustus 2016 (matakamera/kpungk)
matakamera, Nganjuk - Ada kejadian menarik pada agenda Rapat Paripurna Istimewa DPRD Nganjuk 16 Agustus 2016, yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Nganjuk. Tak seperti biasanya, Ketua KPU Nganjuk Agus Rahman Hakim yang mendapat undangan tidak hadir sendirian. Dia mengajak serta seluruh komisioner yang berjumlah 5 orang, termasuk Agus sendiri.

Rupanya, kedatangan 5 komisioner KPU Nganjuk ini mendapat perhatian banyak tamu undangan lain, bahkan Bupati Nganjuk Taufiqurrahman. Seusai acara paripurna, bupati asal Jombang itu langsung mengajak mereka berlima untuk masuk ke dalam pringgitan dan berdialog. “Mari, kebetulan ini para pimpinan dewan juga lengkap, kita bisa bicarakan beberapa hal bersama, mungkin terkait gedung (KPU) dan lain-lain,” ujar Bupati Taufiq kepada Agus dan keempat komisioner lainnya saat beramah-tamah di Pendopo.

Ajakan tersebut langsung disambut dengan antusias oleh para komisioner, mengingat KPU Kabupaten Nganjuk sudah beberapa kali mengajukan permohonan menghadap, terutama terkait kepastian anggaran Pilkada Nganjuk 2018. Namun, masih belum terealisasi karena kesibukan Bupati Taufiq.

Pertemuan khusus itu juga dihadiri pimpinan DPRD Nganjuk seperti Puji Santoso, Jianto, Ulum Bastomi dan Sumardi, serta Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk Agus Wahyudi. Di tengah obrolan, kepada komisioner KPU Nganjuk Bupati Taufiq menawarkan kemungkinan perbaikan gedung KPU Kabupaten Nganjuk di Jalan Widas, Kelurahan Begadung, Nganjuk, sehingga dapat dipergunakan kembali untuk beraktivitas melayani publik, terutama untuk keperluan persiapan Pilkada Nganjuk dan Pilgub Jatim 2018 yang waktunya sudah sangat mendesak.

Namun, dengan tetap memperhatikan berbagai pertimbangan hukumnya. Selain soal payung hukum terkait legalitas bantuan perbaikan gedung milik instansi vertikal oleh Pemda, juga terkait posisi hukum gedung yang sampai sekarang masih dinyatakan ‘status quo’ oleh Kepolisian Resor Nganjuk sehingga belum memungkinkan diadakan intervensi atasnya.“Pada prinsipnya, kami, pemerintah daerah sangat berharap KPU dapat menempati kembali gedung yang di Begadung itu. Jika perlu perbaikan, kami siap untuk memberikan support,” ujar Bupati. Tawaran itu juga disambung oleh Plt. Sekda Agus Wahyudi yang langsung meminta agar KPU Nganjuk segera membuat Rincian Anggaran Biaya (RAB) untuk perbaikan gedung yang dimaksud.

Menanggapi tawaran tersebut, pihak KPU Nganjuk langsung menyambut dengan antusias. Dalam pertemuan juga dibahas mengenai kesiapan anggaran untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk yang akan jatuh pada bulan Juni 2018. KPU Kabupaten Nganjuk menyampaikan kembali bahwa pihaknya sudah menyampaikan pengajuan permohonan penyiapan anggaran untuk Pemilihan 2018, yang kemudian disusuli juga dengan pengajuan estimasi anggaran untuk kepentingan penyiapan anggaran tersebut. “Memang, terus terang, beberapa waktu terakhir ini kita semua sedang ‘terkesima’ oleh suatu hal, sehingga agak terlambat menyikapi persoalan anggaran Pilkada (Pemilihan, red.) 2018”, ujar Bupati. Namun demikian, masih sisa waktu untuk melakukan penyiapan tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Nganjuk Jianto. Menurutnya, meskipun belum ada cadangan dari APBD untuk Pemilihan 2018,  namun jika dilihat cukup banyak rencana proyek atau pengadaan akan tertunda pelaksanaannya. "Dari situ saya kira nanti bisa kita sisihkan untuk Pilkada (Pemilihan),” usul Jianto. Kesepakatan pendahuluan pun dicapai dalam pertemuan tersebut, yang itninya harus ada penyisihan mulai dari SILPA 2016, agar semua beban anggaran pemilihan yang dibutuhkan dapat tercukupi.(kim/ab)

(Panji Lanang Satriadin)
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname