1 Santri Meninggal, 1 Pingsan, Begini Kronologi Andang Roboh di Ponpes Ngepung Patianrowo

ponpes patianrowo
Insiden andang kayu roboh yang menewaskan seorang santri PonpesAl Barokah di Desa Ngepung, Kecamatan Patianrowo, 24 September 2016 sempat ditangani aparat kepolisian setempat, namun kemudian dinyatakan murni musibah kecelakaan (matakamera.net)
matakamera, Nganjuk - Peristiwa andang kayu yang roboh di kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Al Barokah di Desa Ngepung, Kecamatan Patianrowo, pada Sabtu 24 September 2016, menyisakan duka. Seorang santri atas nama Ahmad Syawal, 12, meninggal setelah tertimpa reruntuhan andang, sedangkan 1 santri lagi bernama Risky Putra Wahyudi, 12, mengalami luka-luka dan sempat tidak sadar, serta harus dirawat inap di RSUD Kertosono.

Bagaimana kronologi peristiwa andang maut tersebut? Menurut data Polsek Patianrowo yang menyelidiki kasus ini,  andang kayu untuk membersihkan bangunan masjid setempat itu roboh tanpa sebab sekitar pukul 14.40 siang. Sebelumnya, Ahmad dan Risky tidur di teras masjid tepat di bawah andang, sambil menunggu waktu Solat Ashar berjamaah. Sedangkan di sudut lain masjid ada sekitar 3 orang santri lainnya yang belakangan menjadi saksi mata peristiwa tersebut.

Beberapa detik sebelum andang roboh, Risky salah satu korban selamat sempat terbangun dari tidurnya dan mengambil posisi duduk di sebelah Ahmad, yang masih terlelap. Tiba-tiba konstuksi andang setinggi sekitar 4 meter itu roboh dan langsung menimpa tubuh Ahmad dan Risky. "Santri lain di sekitar lokasi langsung menolong kedua korban,” kata Kapolsek Patianrowo AKP Burhanuddin.

Saat itu kondisi Ahmad dan Risky sama-sama tidak sadarkan diri. Kejadiannya kemudian dilaporkan pengurus pondok pesantren dan diteruskan kepada pihak kepolisian. Ahmad yang mengalami luka pendarahan parah di kepala dan Risky yang memar wajahnya langsung dilarikan ke IGD RSUD Kertosono. Nahas bagi Ahmad, nyawanya meregang sesaat setelah sampai di pintu rumah sakit, sebelum mendapat perawatan. "Peristiwanya murni kecelakaan, tidak ada unsur kesengajaan untuk mencelakai orang lain," ujar AKP Burhanudin. Adapun andang kayu yang roboh diduga kuat memang sudah rapuh. (ab)

(Panji LS)


Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname