Kementerian ESDM Mulai Menggarap Proyek PLTP di Gunung Wilis

PLTP gunung wilis
Rencana proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Gunung Wilis tahun ini masuk tahap lelang wilayah kerja panas bumi. PEngumuman lengkap lelang prakualifikasinya bisa dilihat di website resmi Kementerian ESDM RI, www.esdm.go.id (matakamera.net)
matakamera, Nganjuk - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merilis tahapan awal proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di Gunung Wilis, Jawa Timur, pada Jumat 14 Oktober 2016. Melalui pengumuman resmi yang disebar via medsos, Kementerian ESDM menyebut bahwa tahun ini sudah dimulai tahap lelang prakualifikasi.

Dalam rilis disebutkan, bahwa PLTP Wilis diproyeksikan akan dapat menerangi 15 ribu rumah di lima kabupaten yang ada di Jawa Timur, masing-masing Kabupaten Nganjuk, Kediri, Ponorogo, Madiun dan Tulungagung. Rencananya, PLTP Wilis akan dibangun dengan kapasitas listrik sebesar 20 megawatt (MW) dari potensi total 50 MW.

Sebelumnya pada 8 September 2016, Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) juga saudah mengadakan sosialisasi pengembangan wilayah kerja panas bumi (WKP) Gunung Wilis, Jawa Timur di Madiun. Mereka mengundang Bupati Madiun, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, para Kepala Badan, Kepala Dinas, Camat dan tokoh masyarakat di Kabupaten Madiun, Kediri, Nganjuk, Ponorogo dan Tulungagung. “Penyamaan persepsi dan diskusi antara kementerian pusat dan daerah mengenai pengembangan energi baru terbarukan (EBT) khususnya yang berasal dari panas bumi yang terdapat di Jawa Timur," ujar Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Pengawasan Eksplorasi dan Eksploitasi Panas Bumi Eddy Hindiarto Judoadi, mewakili Direktur Panas Bumi Yunus Saefulhak.

Eddy menjelaskan, dari 69 WKP yang ada, terdapat 7 WKP yang terletak di Provinsi Jawa Timur dengan potensi terduga sebesar 1015 MW, dimana sebesar 50 MW terdapat di Gunung Wilis. Tahun ini pemerintah pusat sedang melaksanakan pelelangan WKP Gunung Wilis untuk mendapatkan pengambang panasbumi yang kompeten, profesional, berkualitas dan berdaya guna terhadap kemajuan pemanfaatan energi panas bumi untuk pemanfataan tidak langsung berupa energi listrik bagi provinsi Jawa Timur."Pemerintah sangat berharap dengan adanya kegiatan pengusahaan panas bumi di Kabupaten Madiun, Kediri, Nganjuk, Ponorogo dan Tulungagung terutama di sekitar WKP Gunung Wilis ini dapat menumbuhkan kondisi ekonomi di masyarakat sekitar proyek,"pungkasnya.(ab)

(Panji Lanang Satriadin)


Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System