Hidup Sebatang Kara di Joho, Mbah Jo Tiap Malam Pilih Tidur di Gubuk Terbuka

bunda ita nganjuk
Kondisi Mbah Jo di 'rumah' tidak layak huni yang ditempatinya di Desa Joho, Kecamatan Pace, Nganjuk. Dia dijenguk oleh Ketua TP PKK Nganjuk Ita Triwibawati pada 3 November 2016 untuk diberi bantuan tempat tinggal yang lebih layak (matakamera.net/istimewa)
matakamera, Nganjuk - Hati siapa yang tidak trenyuh melihat kisah hidup Mbah Jo, asal Desa Joho, Kecamatan Pace, Nganjuk, Jawa Timur. Sehari-hari pria renta berusia 70 tahun ini memilih tidur di bawah atap seng terbuka, di sebuah gubuk kecil berukuran 1x2 meter, di Desa Joho, Kecamatan Pace.  Bangunan yang jauh dari kata layak.

Kondisi memprihatinkan Mbah Jo itu belakangan mengetuk hati Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk Ita Triwibawati. Pada Jumat siang 4 November 2016, Bunda Ita (sapaan akrab Ita) langsung mendatangi 'rumah' tempat tinggal Mbah Jo.

Benar saja, bentuk bangunan yang menjadi tempat tinggal Mbah Jo sehari-hari sangat jauh dari kaya layak. Selain itu, pria renta itu juga kerap tidur dengan bertelanjang dada karena kekurangan pakaian. Untuk makan sehari-hari Mbah Jo menggantungkan pada uluran tangan tetangga dan perangkat desa setempat. "Saya bujuk untuk mau pindah ke Panti Jompo tidak mau. Beliau memilih bertahan di tempat ini," ujar Bunda Ita yang siang itu cukup lama mengobrol denganMbah Jo.

Bunda Ita semakin terkajur ketika mendapat informasi, bahwa Mbah Jo saat ini juga menderita penyakit jantung dan liver. Namun lagi-lagi, pria renta itu bersikeras tidak mau ketika diajak berobat ke rumah sakit. "Memang perlu pelan-pelan dan bersabar untuk meyakinkan beliau," sambung Bunda.

Bunda Ita yang datang bersama beberapa tim Dinas Kesehatan dan TKSK Nganjuk siang itu memilih mengalah. Untuk sementara, Bunda akan menyalurkan bantuan bahan-bahan unt membangun tempat tinggal yang layak. "Karena nggak mau kemana-mana, Insya Allah kami bantuna kami datangkan hari Minggu (6 November 2016))," pungkas Bunda.(ab)
(Panji Lanang Satriadin)
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname