Nganjuk Sering Hujan Lebat, Waspadai Luapan Sungai Widas, Semantok dan Kali Bodor

nganjuk
Potret kejadian banjir pada musim hujan terdahulu di Desa Sumengko, Kecamatan Sukomoro, 12 Februari 2016. Saat ini BPBD Nganjuk melakukan pemantauan terhadap 3 sungai besar di Nganjuk yang dianggap rawan meluap ketika hujan deras (matakamera.net)
matakamera, Nganjuk - Curah hujan tinggi di wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur beberapa minggu terakhir memicu naiknya debit air sungai. Terutama, tiga sungai yang selama ini dianggap rawan banjir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk. Yakni, Sungai Semantok (Rejoso), Sungai Widas (Wilangan, Bagor dan Gondang) serta Kali Bodor( Pace).
BPBD Nganjuk pun kini telah menyatakanstatus siaga bencana setelah mendapatkan prediksi cuaca peralihan atau pancaroba dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jawa Timur. "Pantauan kami terutama di tiga sungai tersebut," ujar Kepala BPBD Nganjuk Soekonjono.

Namun demikian nenurut Soeko, sampai memasuki minggu kedua November 2016 ini kondisi ketiga sungai masih dalam level aman meskipun volume air terus naik. Sehingga, petugas belum dapat menjelaskan manakah yang paling rawan untuk meluap. "Tapi masyarakat harus tetap waspada, karena hampir setiap hari turun hujan deras di wilayah Nganjuk," ujarnya.
   
Soeko memberi contoh kejadian banjir pada musim hujan lalu, di mana air sungai meluap lalu membanjir ke jalan bahkan masuk ke dalam rumah-rumah warga sekitar. Seperti di Desa Kerepkidul, Gemenggeng, dan Kutorejo di wilayah Kecamatan Bagor. Tak hanya itu, banjir tersebut bisa sampai ke Desa Ngudikan, Kecamatan Wilangan. "Kami juga mengecek tanggul-tanggul di sekitar sungai tersebut," ujarnya.

Selain ketiga sungai di atas, BPBD juga memantau Sungai Kuncir di Kecamatan Ngetos, yang kini airnya mencapai ketinggian 130 - 140 meter. Namun, masih dalam status aman. Untuk diketahui, batas aman sungai Kuncir adalah 150 meter dan dinyatakan berbahaya jika melebihi batas tersebut. (ab)
(Panji LS)



Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname