Venue LKS Jatim di Nganjuk Porak-Poranda Diterjang Angin Ribut, Kasatpol PP : Lokasi Penutupan Acara Digeser

LKS nganjuk
Kondisi panggung dan tenda di venue LKS Jawa Timur 2016 Kabupaten Nganjuk, yang porak-poranda diterjang angin ribut Senin sore, 7 November 2016 (matakamera.net/istimewa)
matakamera, Nganjuk - Serangan angin ribut diduga puting-beliung melanda Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur pada Senin sore 7 November 2016. Dampak terparah tampak di kawasan kota, tepatnya di area GOR Bung Karno Begadung, di mana sedang berlangsung perhelatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Jawa Timur. Sebagian besar panggung dan tenda raksasa di venue luar GOR porak-poranda dan roboh diterjang ganasnya angin kencang sore itu.

Menurut laporan sejumlah aparat di lokasi, angin dengan kekuatan kencang tiba-tiba menerjang lokasi sejak pukul 15.00. Cuaca di lokasi saat itu masih belum hujan, meskipun mendung sukat hitam pekat diselingi suara petir. Brakkk!! Dua dari tiga panggung pentas utama LKS mendadak ambruk, disusul tenda besar tempat tamu undangan juga ikut roboh. Spontan, puluhan orang yang sedang berada di sekitar venue langsung berhamburan menyelematkan diri. "Banyak anggota kami di lokasi saat kejadian. Kami pastikan tidak ada korban jiwa," ujar Kasatpol PP Nganjuk Suhariyono.

Seketika itu rangkaian acara LKS diberhentikan sejenak, termasuk persiapan Festival Band Pelajar tingkat Jawa Timur. Menurut Suhariyono, sore itu sebagian besar rangkaian acara perlombaan sudah selesai, menyisakan acara penutupan yang dijadwalkan pada Selasa, 8 November 2016. Karena kejadian bencana tak terduga tersebut, panitia LKS bersama Satpol PP menyiapkan rencana untuk menggeser lokasi acara penutupan ke dalam ruangan GOR Bung Karno. "Rencananya begitu. Jadi panggung dan tenda yang roboh tidak didirikan ulang, karena acaranya pindah," jelas Suhariyono.

Pohon-Pohon Besar dan Tower e-KTP Ikut Roboh

Kondisi tower pelayanan e-KTP di Kantor Kecamatan Sukomoro yang roboh usai diterjang angin ribut, Senin sore 7 November 2016. Akibatnya, pelayanan berhenti total untuk sementara waktu (matakamera.net)
Di waktu yang sama, tim TRC Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk juga melaporkan peristiwa serangan angin puting beliung di sejumlah lokasi. Antara lain pohon tumbang di Jalan Raya Dusun Ngasem, Desa Sumberejo, Kecamatan Gondang, yang mengakibatkan akses jalan penghubung dari ke Kecamatan Sukomoro-Kecamatan Gondang tertutup pohon yang tumbang."Tidak ada korban jiwa, hanya kerusakan material," jelas Kepala BPBD Nganjuk Soekonjono.

Pohon tumbang juga terjadi di Desa Jali Kecamatan Sukomoro, yang menutup akses Jalan Raya Nganjuk-Surabaya, dan sempat membuat arus lalu lintas macet total pada pukul 15.50 WIB. Selain itu, tower E-KTP di Kantor Kecamatan Sukomoro roboh pada pukul 16.00 WIB. Menurut keterangan Camat Sukomoro Haris Jatmiko, akibat insiden tersebut pelayanan e-KTP untuk warga kecamatan setempat terganggu. (ab)(Panji Lanang Satriadin)
 


Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname