Lagi, Tanah Longsor Menerjang Pemukiman Warga di Sawahan Nganjuk

longsor nganjuk
Kondisi kerusakan rumah Sunardi dan Maksun, di Dusun Sembung, Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan, Nganjuk, dilihat dari atas tebing yang longsor, 17 Januari 2017 (matakamera/foto:istimewa)
matakamera, Nganjuk – Hujan deras telah mendatangkan rentetan bencana tanah longsor di kawasan lereng Gunung Wilis, Kabupaten Nganjuk. Dalam 12 hari terakhir, setidaknya telah terjadi 4 kali longsor di Kecamatan Loceret dan Kecamatan Sawahan. Yang terbaru menimpa pemukiman warga Dusun Sembung, Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan, Senin malam 16 Januari 2017.

Tim SAR Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk mencatat, setidaknya dua rumah warga rusak berat, akibat terimpa material longsor. Masing-masing rumah Sunardi, 24, di mana kamar tidur dan temboknya roboh, dan rumah milik Maksun, 55, yang mengalami kerusakan pada ruang kamar mandi. “Lokasi rumah korban memang berada di sisi tebing yang longsor,” ujar Ektavianto, relawan BPBD Nganjuk.

Untungnya, tidak sampai jatuh korban jiwa dalam insiden tersebut. Menurut informasi, peristiwanya bermula ketika permukaan tebing terkikis sedikit demi sedikit, akibat hujan deras mulai pukul 13.00 siang sampai menjelang malamn. Puncaknya pada pukul 19.00 malam, bidang tebing selebar 6 meter dan panjang 7 meter ambles ke bawah dan menimpa rumah Sunardi dan Maksun, yang lokasinya memang paling dekat dengan tebing.

Warga dan perangkat desa setempat langsung mendatangi rumah Suwarno sesaat setelah kejadian. Disusul kemudian aparat TNI dan Polri setempat, Tagana, BPBD dan relawan bencana lainnya. Mengingat kondisi masih membahayakan dan hujan belum reda sampai malam hari, upaya pembersihan material longsor dan kerja bakti perbaikan rumah yang rusak dilanjutkan pada Selasa pagi 17 Januari 2017. “Tim bersiaga di lokasi karena masih rawan longsor susulan,” ujar Ekta. (ab)
(Panji Lanang Satriadin)  

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System