Sidang Korupsi Batik PNS Nganjuk, Orang Dekat Bupati Dituntut Penjara 6 Tahun

nganjuk
Sunartoyo, Direktur PT Delta Inti Sejahtera, dituntut penjara 6 tahun oleh jaksa, karena dianggap terlibat kasus korupsi proyek seragam batik PNS Nganjuk (matakamera.net)
matakamera, Surabaya – Sidang pidana korupsi pengadaan batik PNS Kabupaten Nganjuk, kembali digelar pada Kamis 12 Januari 2017. Kali ini dengan agenda pembacaan tuntutan kepada terdakwa Sunartoyo, yang merupakan rekanan proyek pengadaan seragam batik. Tim Jaksa penuntut umum (JPU) menuntut Sunartoyo dengan kurungan penjara selama 6 tahun.

Sunartoyo merupakan Direktur PT Delta Inti Sejahtera, salah satu pihak yang turut serta mengerjakan proyek batik, selain CV Ranusa sebagai pemenang resmi lelang. Sejak awal persidangan, Sunartoyo sering disebut sebagai orang dekat Bupati Nganjuk Taufiqurrahman. Dia juga yang menjadi otak yang mengatur dalam proses pengadaan seragam batik.

Selain tuntutan penjara 6 tahun, Sunartoyo juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp 100 juta subsdier kurungan 6 bulan. Selain itu, terdakwa juga diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp 2,1 miliar.

Terdakwa Sunartoyo dalam kasus ini diduga memuluskan proyeknya, dengan cara memberikan uang senilai Rp 500 juta kepada Bupati Nganjuk Taufiqurrahman. Sunartoyo sendiri, merupakan orang kepercayaan Taufiq yang sering menerima proyek bersumber dari APBD. Namun dalam faktanya, selama jalannya persidangan nama Bupati Nganjuk sering disebut-sebut oleh para terdakwa dan saksi. Tapi jaksa tak pernah sekalipun menghadirkan Bupati Nganjuk ke persidangan atau sekedar dilakukan pemeriksaan.

Dalam kasus ini, ditengarai ada sejumlah uang mengalir ke beberapa orang di antaranya Bupati Nganjuk Taufiqurrahman senilai Rp 500 juta, Sunartoyo selaku Direktur PT Delta Inti Sejahtra lebih dari Rp 2 miliar, Edi Purwanto selaku Direktur CV Ranusa senilai Rp 54 juta dan terdakwa Masduqi selaku Sekda Nganjuk Rp 20 juta.(ab)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname