Tebing Longsor Menghantam Rumah Suwarno di Dusun Gedangklutuk Sawahan

nganjuk
Kondisi dinding rumah Suwarno yang tertimpa material longsor 11 Januari 2017. Material lumpur dan batuan juga menimbun sejumlah perabot di dalam rumah (matakamera/foto:bpbdnganjuk)
matakamera, Nganjuk – Hujan deras Rabu siang 11 Januari 2017 mendatangkan petaka di Dusun Gedangklutuk, Desa/Kecamatan Sawahan, Nganjuk. Tebing setinggi 30 meter di tepi pemukiman dusun setempat longsor, hingga menhancurkan rumah milik Suwarno, 54, salah satu warga. Selain menjebol dinding, material longsor berupa lumpur, batuan dan batang pohon menimbun ruangan di dalam rumah pria parobaya tersebut.

Untungnya, Suwarno dan keluarganya selamat dari insiden tak terduga itu. Dia dan keluarganya sedang berada di ruangan lain rumahnya saat peristiwa terjadi.

Menurut informasi, peristiwanya bermula ketika permukaan tebing terkikis sedikit demi sedikit, akibat hujan deras mulai pukul 13.00 siang. Retakan tanah terus meluas, hingga puncaknya sekitar pukul 15.30, bidang tebing selebar 4 meter dan panjang 30 meter ambles ke bawah dan menimpa rumah Suwarno, yang lokasinya memang paling dekat dengan tebing. “Sejauh ini kami mencatat satu rumah milik warga setempat yang rusak. Tidak ada korban jiwa,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk Soekonjono.

Warga dan perangkat desa setempat langsung mendatangi rumah Suwarno sesaat setelah kejadian. Disusul kemudian aparat TNI dan Polri setempat, BPBD dan relawan bencana lainnya. Mengingat kondisi masih membahayakan dan hujan belum reda sampai malam hari, upaya pembersihan material longsor diputuskan untuk dilanjutkan pada besok pagi 12 Januari 2017. “Pemilik dievakuasi ke tetangga sekitar yang lebih aman. Tim terus bersiaga di lokasi karena masih rawan longsor susulan,” ujar Soekonjono.(ab)
(Panji Lanang Satriadin)  

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname