Tol Ngawi-Nganjuk Ditarget Tahun Ini, Nganjuk-Kertosono 2018

ngawi kertosono
Sejumlah pengendara melintas di bawah konstruksi jembatan Tol Solo-Kertosono, yang berlokasi di Desa Pecuk, Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk (matakamera/foto : GE 2017)
Selasa, 21 Februari 2017 | by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Ngawi - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono baru saja melakukan sidak ke lokasi proyek Tol Trans Jawa, ruas Ngawi-Kertosono.

Pada agenda Senin 20 Februari 2017 tersebut, Menteri Basuki menyebut jalan tol Ngawi-Nganjuk diupayakan segera rampung, agar bisa difungsikan untuk arus mudik Lebaran tahun ini. Sedangkan dari Nganjuk menuju Kertosono diperkirakan rampung tahun 2018.

"Untuk mudik (via Tol Ngawi-Nganjuk) ini minimal fungsional, artinya belum beroperasi penuh tapi bisa dilalui. Yang saya sudah yakin bisa itu di ruas Kartasura-Ngawi," ujar sang menteri.

Rencananya, pada musim arus mudik Lebaran tahun 2017 ini, masyarakat sudah bisa memanfaatkan jalur Tol Ngawi-Nganjuk dengan pintu exit di Wilangan.

Masih Ada Kendala Pembebasan Lahan

Di lokasi yang sama, Menteri Basuki juga membeberkan kendala pembangunan jalan tol Trans Jawa ruas Ngawi – Kertosono, yakni belum rampungnya pembebasan lahan. "Masih ada 310 bidang (tanah) belum dibebaskan," kata Basuki.

nganjuk
Foto udara proyek Tol Solo-Kertosono oleh tim Kemen PUPR 
Lahan yang belum dibebaskan itu milik warga, yang sebagian besar di wilayah Kabupaten Madiun. Sisanya di Kabupaten Nganjuk. Pihak pejabat pembuat komitmen (PPK) pembebasan lahan yang terdampak proyek telah menitipkan uang ganti rugi ke pengadilan alias konsinyasi. Hingga kini, warga pemilik 60 dari 310 bidang lahan telah mengambil haknya di pengadilan.

Selain milik warga, lanjut Basuki, sebagian lahan berstatus tanah kas desa juga belum berhasil dibebaskan. Pemerintah daerah terdampak proyek jalan kini telah ditembusi untuk proses penerimaan lahan pengganti yang disediakan PPK. "Mudah-mudahan akhir Februari ini bisa selesai," ujarnya.

Untuk diketahui, Tol Trans Jawa ruas Ngawi – Kertosono memiliki panjang 87,02 kilometer, melintasi Ngawi, Magetan, Madiun, dan Nganjuk. Beroperasi penuh pada 2018 nanti, dan akan terkoneksi dengan ruas Pemalang-Batang-Semarang-Bawen-Salatiga-Solo. Sedangkan di sisi Kertosono terkoneksi dengan ruas Jombang-Mojokerto.(ab) 
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname