Genjot Pemilih Pemula, KPU Nganjuk Bikin Simulasi Pemungutan Suara

kpu nganjuk
KPU Kabupaten Nganjuk menggelar simulasi pemungutan suara yang diikuti oleh kelompok pemilih pemula. Agendanya memanfaatkan momentum Rumah Pintar Pemilu (RPP) Kendalisada KPU Nganjuk, 29 Maret 2017 lalu (matakamera/foto:kpungk)
Rabu 5 April 2017 | by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk – Agenda Pilbup Nganjuk dan Pilgub Jawa Timur 2018 yang digelar serentak sudah semakin dekat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk melakukan berbagai upaya, agar tingkat partisipasi pemilih nanti bisa tinggi. Salah satunya, dengan menggelar simulasi pemungutan suara untuk pemilih pemula.

Simulasi perdana digelar pada 29 Maret 2017 lalu, dengan memanfaatkan momentum peresmian Rumah Pintar Pemilu (RPP) Kendhalisada, di Kantor KPU Kabupaten Nganjuk. Pesertanya adalah siswa-siswi OSIS SMA, Pramuka, dan BEM perguruan tinggi di Kabupaten Nganjuk.

nganjuk
Komisioner KPU Nganjuk Pujiono saat memberikan penjelasan kepada peserta simulasi pemungutan suara (matakamera/foto : kpungk)
Mereka mendapat bimbingan langsung dari Pujiono, Komisioner KPU Nganjuk Divisi Teknis. Para peserta yang mayoritas belum pernah mengikuti pemungutan suara itu diberi penjelasan dan praktik secara detail terkait tata cara menggunakan hak pilih, hingga tugas-tugas anggota KPPS mulai KPPS 1 sampai KPPS 7.

"Ini perlu kita jelaskan, terutama bagi pelajar yang merupakan pemilih pemula. Tujuannya, agar sat pemilu nanti mereka tidak gugup  atau grogi, dan dengan kesadaran sendiri datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya secara cerdas," kata Pujiono.

Sepanjang simulasi berlangsung, peserta tampak sangat antusias mendengarkan penjelasan. Bahkan, pertanyaan-pertanyaan seputar pemungutan suara yang dilontarkan Pujiono bisa langsung terjawab oleh peserta.

Pihaknya berharap, dalam agenda Pilkada Serentak 2018 maupun Pemilu dan Pilpres 2019 jumlah pemilih dapat meningkat. “Mudah-mudahan partisipasi kehadiran pemilih Nganjuk bisa di atas 80 persen," pungkas Pujiono.(ab/kpungk/2017)

Lihat : Profil Redaksi MATAKAMERA.NET

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname