Pasukan Relawan Nganjuk Dikirim ke Ponorogo, Bantu Evakuasi Korban Longsor

ponorogo
Tim relawan lintas instansi, saat berusaha mencari para korban yang masih tertimbun material longsor, di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Ponorogo, Ahad 2 April 2017 (matakamera/foto : ist.)
Ahad 2 April 2017 | by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk – Ratusan personil tim search anda rescue (SAR) gabungan asal Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, turut diterjunkan dalam misi pencarian 28 orang korban longsor di Dusun Tangkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Mereka terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Taruna Siaga Bencana (Tagana), Polres Nganjuk, Kodim Nganjuk, dan sejumlah unsur relawan kebencanaan lainnya dari Kota Angin.

Tim berangkat dari markas instansi masing-masing secara bertahap, sejak Sabtu malam 1 April 2017 sampai Ahad pagi 2 April 2017. "Dari BPBD Nganjuk 13 personel untuk membantu proses evakuasi. Untuk lamanya, menyesuaikan situasi dan kondisi," kata Kepala BPBD Nganjuk Soekonjono, yang mempimpin timnya ke lokasi.

Kendaraan pengangkut bantuan terus mengalir ke lokasi longsor Desa Banaran. Kondisi jalan sempit dan keterbatasan sinyal komunikasi menjadi kendala (matakamera/foto:ist)
Sedangkan dari Tagana Nganjuk, saat ini sudah ada 10 personil yang berada di lokasi evakuasi korban longsor. “Tim relawan dari daerah sekitar Ponorogo lainnya juga mengirimkan personel, di antaranya dari Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Madiun, Tuban, dan Gresik,” kata anggota Tagana Nganjuk Agus Wiyanto.

Seperti diberitakan sebelumnya, tanah longsor di Desa Banaran terjadi pada Sabtu pagi 1 April 2017 sekitar pukul 06.00 WIB. Panjang lidah longsor dari atas bukit lereng Gunung Wilis tersebut mencapai 1 kilometer, menyebabkan 28 orang tertimbun, 17 luka-luka, dan setidaknya 23 unit rumah rusak.

Sampai Ahad 2 April 2017 pukul 13.00 WIB, dilaporkan baru 4 jenazah yang sudah berhasil ditemukan. (ab/2017)

Lihat : Profil Redaksi MATAKAMERA.NET



Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname