Begini Tradisi Khusus Hari Buruh di Makam Marsinah Nganjuk

hari buruh
Para aktivis buruh, bersama Kapolres Nganjuk AKBP Joko Sadono dan Plt Kasatpol PP Nganjuk Abdul Wakid menabur bunga di atas pusara Marsinah, di Desa Nglundo, Kecamatan Sukomoro, Nganjuk, 1 Mei 2017 (matakamera/foto : ist)
Senin 1 Mei 2017 |
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk – Ada tradisi khusus di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, setiap memperingati Hari Buruh Internasional 1 Mei. Ribuan peziarah dari berbagai kalangan, terutama organisasi buruh dan pekerja, berdatangan ke makam Almarhumah Marsinah, sosok pejuang buruh yang gugur pada tahun 1993 silam.

Lokasi pusara Marsinah berada di Desa Nglundo, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk. Jaraknya sekitar 1 kilometer ke utara, dari Jalan Raya Surabaya-Nganjuk. Gapura pintu masuk dari jalan raya ditandai dengan bangunan patung Marsinah.

marsinah nganjuk
Para peziarah dari berbagai organisasi buruh berdoa bersama di sekitar makam Marsinah, 1 Mei 2017 (matakamera/foto : ist)
Pada peringatan Hari Buruh atau Mayday 1 Mei 2017 kali ini, berbagai kelompok dan serikat pekerja kembali beradatangan memadati kompleks makam wanita pejuang buruh tersebut. Tak hanya dari Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Nganjuk, tapi juga dari organisasi buruh lainnya di Jawa Timur.

Di luar itu, ada berbagai komunitas yang hadir mulai dari mahasiswa, seniman, aktivis sosial, hingga pejabat negara. Anggota DPR-RI M.Suryo Alam bahkan menjadi inspektur apel dan doa bersama di lokasi setempat. Selain itu, tampak pula Kapolres Nganjuk AKBP Joko Sadono dan Plt Kasatpol PP Nganjuk Abdul Wakid yang ikut menabur bunga di pusara Marsinah.

marsinah nganjuk
Para aktivis buruh berfoto bersama Anggota DPR-RI M. Suryo Alam, usai melakukan doa bersama di makam Marsinah Nganjuk (matakamera/foto : Luqman)
Ketua KSBSI Nganjuk Nuwito mengatakan, dalam aksi juga disampaikan sejumlah tuntutan buruh kepada pemerintah. Diantaranya menghilangkan sistem outsourcing dan tenaga kontrak, serta tuntutan hak upah buruh selama cuti. “Selama ini pabrik di wilayah Nganjuk tidak pernah memberikan gaji ketika cuti,” ungkap Nuwito.(ab/2017)


Lihat Profil Redaksi MATAKAMERA.NET
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname