Gantikan Eddy Rumpoko, Punjul Santoso Resmi Jadi Plt Walikota Batu

walikota batu
Plt Walikota Batu Punjul Santoso (paling kanan) menerima SK dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo, disaksikan Mendagri Tjahjo Kumolo di Gedung Grahadi Surabaya, 18 September 2017 (matakamera/pemprovjatim)
Selasa 19 September 2017 ||

matakamera, Surabaya - Wakil  Walikota Batu Punjul Santoso resmi dilantik sebagai pelaksana tugas (plt)Wali Kota Batu, Senin malam 18 September 2017.

Gubernur Jatim Soekarwo langsung melantik di gedung Grahadi Surabaya. Penyerahan SK Plt disaksikan langsung oleh Menteri dalam Negeri Tjahyo Kumolo. SPT dengan Nomor 131/1056/011.2/2017, yang dibuat berdasarkan Surat Mendagri No. 131.35/4269/SJ tanggal 18 September 2017 perihal penugasan Wakil Wali Kota Batu selaku Pelaksana Tugas Walikota Batu.

Surat tugas sebagai Plt Walikota Batu itu sebagai tanda sah, bahwa Punjul telah menggantikan posisi Walikota Batu nonaktif Eddy Rumpoko, yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK, pada Sabtu 16 September 2017.

Dengan dikeluarkannya SK tersebut, maka Wakil Wali Kota Batu dapat menjalankan tugas dan wewenang Wali Kota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Nantinya, meskipun Wali Kota Batu telah ditahan oleh KPK, diharapkan Plt  Wali Kota yang baru dilantik  tetap harus berkoordinasi dengan Walikota Kota Eddy Rumpoko selama menjalankan tugas dan wewenang. Bahkan melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Walikota Batu.

Selain itu, Plt Walikota Batu juga diminta untuk melakukan monitoring terhadap kasus OTT dan melaporkan perkembangannya kepada Mendagri “Ini musibah. Semoga cepat berakhir,” kata Gubernur Soekarwo.

Gubernur minta, Plt Walikota Punjul dapat menjalankan tugas sesuai program dan selalu berkoordinasi dengan Walikota nonaktif. “Plt tidak boleh mengambil kebijakan sendiri, semua kegiatan dan keputusan, hingga kebijakan yang akan diambil harus di laporkan ke Walikota nonaktif,” kata Soekarwo.

Punjul sendiri usai pelantikan di Grahadi mengatakan, bahwa dirinya hanya akan melanjutkan sisa masa tugas Eddy Rumpoko. Tidak ada yang baru. Apalagi tahun depan saya juga akan dampingi istri Pak untuk periode berikutnya,” jelas Punjul.

Selain akan konsentrasi pada pembahasan RAPBD 2018 juga mengatur KUAPPAS dengan DPRD Kota Batu. Usai dilantik Punjul berencana akan menemui ER secara khusus ke KPK . Nantinya jika bertemu Eddy Rumpoko, Punjul akan memberi dukungan moril penuh.

“Saya akan sampaikan bahwa semua adalah musibah. Sabar dan selalu menjaga kesehatan. Kami akan membangun Kota Batu  bersama-sama,” tegasnya Punjul. Ia berharap kedatangannya ke Jakarta bisa menemui Eddy Rumpoko di KPK .Saya akan jadwalkan khusus menemui beliau di KPK. Mudah mudahan diizinkan.(ds/ab/2017)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname