Khofifah Kirim Bantuan KUBE untuk Nelayan Muncar

banyuwangi
Stafsus Mensos menyerahkan secara simbolis paket bantuan KUBE untuk nelayan di Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jatim, Kamis 5 Oktober 2017 (matakamera/foto : Stafsus Kemensos)
Kamis 5 September 2017 ||
Edited by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Banyuwangi - Perayaan upacara tradisional Petik Laut Muncar tahun ini berlangsung meriah. Selain dihadiri puluhan ribu warga dari dalam maupun luar Banyuwangi, acara petik laut kali ini dapat kiriman bantuan sosial dari Khofifah Indar Parawansa sebagai Menteri Sosial berupa 5 paket bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) bagi kelompok nelayan Muncar.

Lima paket bantuan KUBE diserahkan langsung oleh Masud Said selaku utusan Khofifah yang awalnya dijadwalkan hadir, namun mendadak tidak dapat hadir karena sedang mendampingi Presiden Jokowi kunjungan kerja di Cilegon, Banten.

khofifah
Para tamu dan undangan dalam acara penyerahan paket bantuan KUBE Mensos kepada para nelayan muncar (matakamera/foto : Kemensos)
Bantuan KUBE merupakan program bantuan kementerian sosial yang memberikan modal senilai 20 juta bagi sekelompok orang yang kurang mampu. Khususnya, kelompok nelayan Muncar. Rencananya akan digunakan untuk modal membeli peralatan tangkap ikan dan modal berdagang bagi kelompok para istri nelayan.

"Ibu Khofifah selaku Menteri Sosial menyambut baik pengajuan bantuan KUBE dari teman-teman kelompok Nelayan Muncar yang kurang mampu untuk digunakan usaha menangkap dan berdagang ikan. Kedepan harapannya bantuan ini dapat membantu mereka nelayan yang kurang mampu agar meningkat kesejahteraanya," ujar Masud, Staf Khusus Menteri Sosial RI.

Dalam kesempatan lain, Hasan Basri selaku Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Banyuwangi menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan rutin setiap tahunnya sebagai bentuk rasa syukur terhadap Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan rizkinya, kepada nelayan lewat laut Muncar.

Selanjutnya Hasan juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya terhadap bantuan berbagai pihak yang turut menyukseskan acara petik laun.

"Kami sampaikan terima kasih kepada ibu Khofifah dan jajaran Kementerian Sosial, Bupati Anas dan jajarannya, jajaran pengurus HNSI Kabupaten Banyuwangi dan seluruh elemen masyarakat Banyuwangi yang peduli terhadap kegiatan petik laut," jelas Hasan.

Upacara tradisional Petik Laut turut tahun ini dihadiri oleh Bupati Banyuwangi Azwar Anas beserta ibu, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko, Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai, Staf Khusus Menteri Sosial Masud Said dan Ari Kusuma, Ulama besar Banyuwangi KH. Suyuti, Pejabat forum komunikasi pimpinan daerah, serta tokoh masyarakat Banyuwangi lainnya.(ds/ab/2017)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname