KPU Nganjuk Rekrut 2.079 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Pilbup

nganjuk
Suasana diskusi Bimtek Pemuthakiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Pilbup Nganjuk 2018, yang berlangsung pada Sealsa 12 Desember 2017 (matakamera/foto : KPU Nganjuk)
Selasa 12 Desember 2017 ||
Edited by Panji LS

matakamera, Nganjuk – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk menggelar Bimtek Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilihan Bupati dan wakil bupati Nganjuk serentak 2018, Selasa 12 Desember 2017.

Bimtek ini ditujukan kepada Ketua dan anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Divisi Perencanaan dan Data.

Dimulai pukul 14.00 WIB, seluruh peserta Bimtek sudah memasuki ruang rapat KPU Nganjuk. Acara Bimtek ini diawali oleh sambutan Ketua KPU Nganjuk, yakni M. Agus Rahman Hakim yang menyampaikan beberapa pesan terkait pembahasan yang akan dibahas selanjutnya.

 "Pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih ini merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan penting. Untuk itu, saya harapkan kepada seluruh peserta Bimtek untuk memperhatikan materi-materi yang akan disampaikan ini secara serius", tutur M. Agus.

Selain itu, beliau juga mengingatkan kepada beberapa PPK agar usulan sekretariat PPK segera difinalkan, dengan meningkatkan derajat komunikasi dengan Camat.

Selanjutnya, materi Pemutakhiran data dan Penyusunan Daftar Pemilih disampaikan oleh Muchiyin (Divisi Perencanaan dan Data KPU Nganjuk) yang menyampaikan uraian secara mendetail mengenai tahap-tahap pemutakhiran data pemilih, sekaligus tanggal-tanggalnya.

"Pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih ini merupakan salah satu tugas utama dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada. Ini sekaligus merupakan suatu titik di mana kepercayaan publik kepada KPU dalam menyelenggarakan Pemilu dipertaruhkan. Maka dari itu, kita semua harus bisa memegang amanah yang diberikan, sehingga pelaksanaan Pilkada bisa berjalan dengan lancar tanpa suatu halangan apapun dan dengan tingkat kepercayaan publik yang tinggi", ucap Muchiyin, di hadapan peserta Bimtek.

Lebih lanjut Muchiyin mengingatkan kepada para Ketua dan anggota PPK yang hadir, bahwa tugas terdekat terkait pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih adalah rekrutmen PPDP (Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih), yang jumlah dan kapasitasnya harus sesuai ketentuan. Kemudian mereka harus di-Bimtek terlebih dahulu di PPK sebelum terjun ke lapangan.

Untuk diketahui, sesuai ketentuan, jumlah personel PPDP yabg diperlukan adalah sebanyak jumlah TPS Pilkada serentak di Nganjuk tahun 2018, yakni 2.079 yang tersebar di 284 desa dan 20 Kecamatan di Kabupaten Nganjuk.

Materi tambahan disampaikan oleh Pujiono Komisioner Divisi Teknis KPU Nganjuk, mengenai tugas pokok dan tekhnik-tekhnik penyusunan daftar pemilih secara berkala.(ab/2017)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname