Puluhan Hektare Hutan di Nganjuk Utara Ditebang, Warga Takut Banjir Besar

nganjuk
Pembukaan lahan hutan di sekitar Waduk Sumberagung, Kecamatan Gondang, dinilai rawan menyebabkan banjir (matakamera/foto : BPBD Kabupaten Nganjuk)
Selasa 5 Desember 2017
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk - Pembukaan lahan hutan di wilayah Nganjuk utara, tepatnya di sekitar Waduk Sumberagung, Desa Sumberagung, Kecamatan Gondang, dinilai rawan memicu terjadinya banjir besar di sekitar pemukiman warga setempat.

Kekhawatiran itu muncul dari masyarat desa setempat, hingga kemudian melapor ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk. Pada Selasa 5 Desember 2017, tim BPBD Nganjuk menerjunkan tim ke lokasi hutan yang dimaksud untuk melakukan observasi.

“Perkiraan awal ada lahan hutan seluas sekitar 61 hektare yang dibuka, tanaman pohonnya ditebang,” ujar Kepala BPBD Nganjuk Soekonjono.

nganjuk
Foto kondisi lahan hutan yang dibuka dan Waduk Sumberagung, difoto menggunakan kamera drone oleh tim BPBD Nganjuk, Selasa 5 Desember 2017 (matakamera/foto : BPBD Nganjuk)
Menurut Soekonjono, warga setempat khawatir bila tidak ada tanaman atau daerah tangkapan air di sekitar waduk, maka air bersama endapan material sisa pembukaan akan masuk waduk. Waduk akan mudah meluap dan memeicu banjir hingga ke pemukiman warga, terlebih saat curah hujan tinggi," katanya, di Kantor BPBD Nganjuk, Kamis 5 Desember 2017.

Untuk diketahui, jarak pemukiman warga yang terdekat dari lokasi Waduk Sumberagung sekitar 500 meter.

Menurutnya, konservasi lahan di daerah hutan menjadi perkebunan rawan menyebabkan hilangnya daerah tangkapan air.

Apalagi, berdasarkan catatan BPBD, pada musim hujan terdahulu banjir besar sudah pernah melanda beberapa desa di sekitar Waduk Sumberagung.

Sebagai tindak lanjut usai melakukan observasi dan pengambilan dokumentasi lahan, Soekonjono akan melakukan koordinasi dengan pihak pembuka lahan. “Informasinya itu lahan Perum Perhutani, kami akan segera tindaklanjuti,” tukasnya.(ab/2017)


Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System