Coklit Serentak, KPU Nganjuk Datangi Satu Persatu Rumah Warga

nganjuk
Ketua KPU Nganjuk Agus Rahman Hakim turun langsung dalam kegiatan coklit perdana, di kediaman KH Ridwan Syaibani, Pengasuh Ponpes Miftahul Mubtadiin Krempyang, Sabtu 20 Januari 2018 (matakamera/ist) 
Ahad 21 Januari 2018
by Panji Lanang Satriadin

Dimulai dari Rumah Tokoh Masyarakat dan Para Bakal Calon

matakamera, Nganjuk – Tahapan Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Nganjuk kini memasuki agenda Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

Untuk keperluan tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk memulai agendanya dengan mengunjungi Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin Krempyang, Kecamatan Tanjunganom, Sabtu 20 Januari 2018. Kunjungan rombongan KPU ini dalam rangka men-coklit data KH Ridwan Syaibani, Pengasuh Ponpes Miftahul Mubtadiin Krempyang tersebut.

Dalam kunjungan ke tokoh agama di Pesantren ini, Ketua Ketua KPU Nganjuk, Agus Rahman Hakim bersama petugas pemuthakiran data pemilih (PPDP) didampingi PPK dan PPS Kecamatan Tanjunganom langsung mendatangi rumah KH Ridwan Syaibani. Rombongan dari KPU Nganjuk inipun langsung diterima tuan rumah.

Setelah Agus menyampaikan tujuan kedatangannya kepada tuan rumah, petugas PPDP kemudian meneliti dan mencocokan nama-nama anggota keluarga beserta nomor induk keluarga yang tercatat dalam kartu keluarga (KK) KH Ridwan Syaibani. Selain itu, petugas juga meneliti e-KTP atas nama KH.Ridwan Syaibani.

 “Ini adalah awal proses coklit, secara simbolis kami dari KPU Nganjuk mendampingi PPDP mendatangi tokoh agama disini (Ponpes Krempyang, red) untuk mengawali Coklit ini,” ujar Agus kepada sejumlah awak media.

Menurutnya, pemilihan secara simbolis coklit di Ponpes supaya kiai atau tokoh agama bisa membantu KPU mensosialisasikan kepada masyarakat luas.

 “Kita tahu kiai, apalagi pengasuh Ponpes Krempyang merupakan salah satu tokoh besar di Kabupaten Nganjuk. Kami berharap beliau menyampaikan proses Pilkada, termasuk Coklit ini kepada masyarakat luas. Supaya masyarakat bisa lebih mudah memahami dan mengetahui proses ini,” jelas Agus.

KPU Nganjuk Kerahkan 2.079 Petugas

Selain di rumah KH Ridwan Syaibani, Coklit simbolis juga dilaksanakan di rumah KH Abdul Wakhid Badrus, Plt Bupati Nganjuk. Kemudian, tiga tempat lainya coklit dilaksanakan di rumah tiga Calon Bupati. Yakni di rumah Novi Rahman Hidayat, Siti Nurhayati, dan Desy Natalia Widya Natalia.

“Selain yang lima tempat ini, sebanyak 2.079 PPDP bergerak serentak untuk melaksanakan Coklit di 284 desa/klurahan yang tersebar di 20 kecamatan se Kabupaten Nganjuk. Ini akan dilaksanakan hingga tanggal 18 Februari 2018 mendatang,” lanjut Agus.

Selama pelaksanaan, Petugas PPDP diharapkan saat coklit harus mendatangi rumah per rumah warga. Ini bertujuan untuk menghasilkan data pemilih yang valid. Sehingga data yang berhasil dihimpun tidak akan menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Setelah proses penelitian data selesai, petugas PPDP kemudian menempelkan stiker model A.A.2.KWK. Selanjutnya, rombongan berpamitan kepada KH Ridwan Syaibani untuk melanjutkan tugas berikutnya.

(ds/ab/adv/2018)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname