Profesional Birokrasi, Komitmen Novi-Marhaen Menata Birokrasi Nganjuk Berbasis Keahlian

Profesioanl Birokrasi, salah satu program andalan Cabup-Cawabup Nganjuk 2018-2023, Novi-Marhaen (matakamera.net)
Jumat 12 Januari 2018
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk – Cabup-Cawabup Novi Rahman Hidayat-Marhaen Djumadi punya jurus andalan untuk memperbaiki manajemen birokrasi di Kabupaten Nganjuk. Yakni, dengan menata birokrasi yang berbasis kompetensi dan profesionalitas.

Mengusung semangat Profesional Birokrasi, Novi-Marhaen bakal untuk membuang jauh-jauh politik balas jasa maupun balas dendam, yang cenderung berimplikasi pada penempatan jabatan birokrasi tidak sesuai dengan kompetensi atau keahlian pejabat.

Komitmen itu disampaikan langsung oleh Mas Novi, sapaan akrab Cabup Nganjuk Novi Rahman Hidayat, Jumat 12 Januari 2018.

Menurut Mas Novi, pembangunan yang direncanakan di Kabupaten Nganjuk tidak akan berhasil, tanpa dukungan birokrasi yang profesional.

“Maka rekruitmen pejabat birokrasi, tidak boleh lagi berdasar pada prinsip balas jasa dan balas budi, ataupun balas dendam. Komitmen Novi-Marhaen jelas, birokasi Nganjuk harus bersih tanpa kolusi, korupsi dan nepotisme,” kata pengusaha muda Nganjuk yang sukses mengembangkan 23 perusahaan tersebut.

Mas Novi menyebut, penempatan dan pengangkatan pejabat struktural birokrasi haruslah berdasarkan  prinsip dan etika profesional, pengalaman kerja, basic ilmu, serta komitmen dan loyalitas aparatur sipil pemerintah (ASN) yang bersangkutan.

“Istilahnya menempatkan the right man on the right place,” ujar Mas Novi.

Komitmen ini senafas dengan latar belakang Mas Novi dan Kang Marhaen sendiri, yang merupakan perpaduan sosok profesional dan faham manajemen birokrasi. 

Ketua DPC Partai Hanura Nganjuk, Raditya Haria Yuangga menambahkan, pihaknya sebagai parpol pengusung Novi-Marhaen bersama PDIP dan PKB mendukung penuh program Profesional Birokrasi.

Menurut Yuangga, penempatan dan pengangkatan pejabat struktural birokrasi haruslah berdasarkan  prinsip dan etika profesional, pengalaman kerja, basic ilmu, serta komitmen dan loyalitas aparatur sipil pemerintah (ASN) yang bersangkutan.

Partai Hanura bersama PDIP dan PKB sebagai mitra koalisi pengusung Novi-Marhaen, akan mengawal dan memastikan memastikan, jika pasangan ini terpilih sebagai Bupati-Wakil Bupati Nganjuk 2018-2023, akan langsung menerapkan perekrutan pejabat daerah sesuai kompetensi.

“Kami bersama Novi-Marhaen sangat percaya, dengan meninggalkan prinsip balas jasa dan balas dendam, apalagi praktik jual-beli jabatan, birokrasi Kabupaten Nganjuk akan menjadi birokrasi yang profesional, kompeten, rendah hati dan siap melayani masyarakat. Karena rakyat sebagai pemegang kedaulatan, harus dilayani dengan hati nurani yang tulus,” tutur Yuangga.

Tak lupa, pasangan Novi-Marhaen disebutnya juga berkomitmen menerapkan sanksi disiplin tegas, bagi ASN atau PNS yang terbukti tersandung kasus hukum atau perbuatan amoral.(ab/adv/2018) 
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname