Tiga Pasangan Cabup-Cawabup Nganjuk Jalani Tes Kesehatan di RSAL Surabaya

nganjuk
Para cabup/cawabup Pilkada Nganjuk berpose bersama cabup-cawabup Pilkada Jombang, di sela kegiatan tes kesehatan, yang berlangsung di RSAL dr Ramelan Surabaya, 12-13 Januari 2018 (matakamera/ist)
Sabtu 13 Januari 2018
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk telah menetapkan rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatan, bagi tiga bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan mengikuti Pilkada 2018.

RS yang dipilih adalah Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr. Ramelan Kota Surabaya. Jadwal tes kesehatan untuk ketiga paslon berlangsung selama dua hari, pada Jumat 12 Januari 2018 hingga Sabtu 13 Januari 2018.

Masing-masing adalah paslon Novi Rahman Hidayat dan Marhaen Djumadi, paslon Siti Nurhayati (Bu Hanung) dan Bimantoro Wiyono, serta paslon Desy Natalia Widya dan Ainul Yaqin (Nico).

Ketua KPU Kabupaten Nganjuk M. Agus Rahman Hakim menjelaskan, sesuai dengan ketentuan KPU, tempat untuk pemeriksaan kesehatan bagi para bakal paslon harus rumah sakit tipe A. Di Jawa Timur ada tiga rumah sakit milik pemerintah yang tipe A yakni RSUD dr. Soetomo Surabaya, RSAL dr. Ramelan Surabaya dan RSUD dr. Saiful Anwar Malang. 

Agus mengatakan, tes kesehatan merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh bakal paslon agar bisa lolos menjadi peserta Pilkada 2018. Jika tidak memenuhi syarat dalam tes kesehatan, maka tidak lolos dalam pencalonan.

“Ini salah satu syarat yang harus dipenuhi, kalau yang tidak lolos kesehatan bisa diganti saat masa perbaikan,” ucapnya.

Untuk diketahui, ada tiga hal yang menjadi fokus pemeriksaan bagi calon kepala daerah. Yakni, pemeriksaan fisik, psikologi, dan psikiatri.

Khusus untuk pemeriksaan medis, di antarnya menyangkut penyakit dalam, pemeriksaan jantung - pembuluh darah, paru, bedah, Urologi, Orthopaedi, Obstetri dan Ginekologi, Neurologi, mata, THT-KL, Gigi dan Mulut, hingga beberapa bagian lainnya.

Selain Ikatan Dokter Indonesia (IDI), pemeriksaan melibatkan beberapa lembaga lain, di antaranya Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi).

(ds/ab/2018)

Share on Google Plus

About Matakamera Production

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname