Perluasan Area Tanam Kedelai di Nganjuk, Kejar Target 10 Ton per Tahun

nganjuk
Prosesi Pencanangan Perluasan Area  Tanam (PAT) Kedelai APBN 2017, di Perhutani RPH Awar-awar, Desa Mancon, Wilangan, Nganjuk, Selasa 20 Februari 2018 (matakamera/foto : Kodim 0810)
Selasa 20 Februari 2018
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - Perum Perhutani Nganjuk mengadakan Pencanangan Perluasan Area  Tanam (PAT) Kedelai  APBN 2017, di Perhutani RPH Awar-awar, Minthil, petak I Dusun Awar-awar, Desa Mancon, Kecamatan Wilangan, Nganjuk, Selasa 20 Februari 2018.

Bekerjasama dengan Kodim 0810/Nganjuk, pencanangan PAT dihadiri antara lain oleh Mayor Inf Edy Sunarko, S. Sos (Kepala Staf Kodim 0810/Nganjuk),  Ir. Joko Siswantoro. MM (Adm Perhutani Nganjuk),  Sri Widiastuti (Sekretaris Dinas Pertanian Kab. Nganjuk), perwakilan Kejaksaan Negeri Nganjuk, Adm Saradan, Adm Kediri Adm Jombang beserta Asper KRPH Kab. Nganjuk, perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim 0810/Nganjuk, serta Forpimcam Wilangan.

Dalam sambutannya, Administratur Perhutani Nganjuk Ir. Joko Siswantoro. MM mengungkapkan, komoditi yang ditanam dalam program PAT ini adalah kedelai, untuk meningkatkan swasembada pangan yang merupakan program pemerintah.

Menurut Ir Joko, masih banyak orang khususnya petani yang masih awam dengan tanaman kedelai. Karena itu, pihaknya berharap tim penyuluh dinas pertanian memahami tentang tanaman kedelai.

“Sehingga bias memacu masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan komoditas tanaman kedelai di Kabupaten Nganjuk,” ujarnya.

Sedangkan Sekretaris Dinas Pertanian Nganjuk memaparkan, tanaman kedelai adalah tanaman yang spesifik, sehingga harus tepat lahan dan tepat musim.

Menurut Sri, target swasembada pangan kedelai yang 1 tahun yang mencapai 10 Ton, kalau tidak didukung dengan perluasan area tanam dari perhutani maka target tidak tercapai.

“Untuk itu kami ucapkan terimakasih atas dukungan dari Pihak Kodim 0810/Nganjuk dan pihak Perhutani,” ujar Sri.

Sementara  Mayor Inf Edy Sunarko, S. Sos mengungkapkan, kegiatan ini bagi prajurit adalah kegiatan sosial untuk meningkatkan swasembada pangan kedelai. Karena itu, pihaknya mengajak semua pihak terkait bekerjasama dengan ikhlas.

“Kami dari Kodim 0810/Nganjuk akan mendampingi mulai dari pendistribusian benih, penanaman sampai dengan panen. Itu tidak ada tendensi apa-apa, karena TNI-AD sudah ada MoU dengan dinas pertanian untuk meningkatkan swasembada pangan baik padi maupun kedelai,” pungkasnya.

(edy/ab/adv/2018) 

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System