Presiden Jokowi Resmikan Tol Wilangan-Ngawi Pekan Ini, Kapolda Cek Lokasi

Wujud fisik terkini ruas tol Ngawi-Wilangan, di pintu exit Wilangan, perbatasan Madiun-Nganjuk (matakamera/foto : acan@hasanjufri)
Senin  26 Maret 2018
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk - Kapolda  Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin beserta rombongan melakukan cek lokasi proyek jalan tol Ngawi – Kertosono seksi Ngawi – Wilangan, Senin siang 26 Maret 2018.

Kapolda datang bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman dan rombongan melihat kesiapan jalan tol, yang menurut rencana akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis pekan ini, 29 Maret 2018.

“Kamis nanti diresmikan bapak presiden. Paling tidak bisa mengurangi beban arus (lalu lintas) di jalur arteri sebagai persiapan menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran,’’ kata Irjen Pol Machfud kepada wartawan, di lokasi exit tol Wilangan.

Direktur Teknik PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) selaku pengelola jalan tol seksi Ngawi-Wilangan, Yudhi Darmawan yang juga berada di lokasi mengatakan, tol seksi Ngawi-Wilangan sudah siap dioperasikan.

Menurut Yudhi, beberapa pekerjaan akhir masih dijalankan anak usaha PT Jasa Marga itu. Sejumlah pekerja masih menghubungkan gerbang tol ke jalan nasional. Gerbang tol itu meliputi Ngawi di Kecamatan Paron, Madiun di Kecamatan Sawahan, Caruban di Kecamatan Pilangkenceng, dan Wilangan Nganjuk.

Jalan tol ruas Ngawi – Kertosono memiliki panjang 88,5 kilometer. Untuk sektor Ngawi – Wilangan sepanjang 52 kilometer. Adapun 35,5 kilometer sisanya merupakan seksi Nganjuk - Kertosono yang proses pengerjaan oleh pemerintah ditarget rampung pada akhir 2018. Kendati demikian, pada musim mudik Lebaran tahun ini akan dibuka secara fungsional.

Usai Diresmikan, Masuk Tol Ngawi-Wilangan Gratis selama Dua Minggu

Jalan Tol Ngawi-Kertosono seksi Ngawi-Wilangan yang akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo Kamis 29 Maret 2018, akan digratiskan untuk masyarakat selama dua minggu pertama.

"Setelah diresmikan gratis dua minggu, biar masyarakat menikmati," jelas Direktur Teknik PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ), Yudhi Darmawan.

tol ngawi wilangan
Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, saat meninjau lokasi proyek tol Ngawi-Kertosono seksi Ngawi-Wilangan, Senin 26 Maret 2018 (matakamera/foto : Edy)
Penggratisan ini sebagai ungkapan syukur telah selesainya tahapan seksi I tol Ngawi-Wilangan sepanjang 52 Km. Setelah itu, PT NKJ akan memberlakukan tarif tol dengan harga sekitar Rp 1.000 hingga Rp 1.100 per km.

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, berdasarkan pengecekan lokasi siang ini, tol  memang sudah layak dioperasikan. Lebaran bisa dipakai untuk mengurai kemacetan.

Untuk diketahui, ruas tol Ngawi-Kertosono seksi I Ngawi-Wilangan memiliki 4 gerbang tol (GT) yang telah diuji kelayakannya. Pengujian tersebut mencakup Gerbang Tol (GT) Ngawi yang dioperasikan oleh PT Solo Ngawi Jaya (SNJ). Tiga gerbang lainnya dikelola oleh PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) yakni GT Madiun di Dumpil Balerejo, GT Mejayan di Caruban dan GT Wilangan di perbatasan Madiun-Nganjuk.

(ds/ab/2018)

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System