Adem Lihat Dandim Mengajar Mengaji di Desa Pelosok Nganjuk Ini

nganjuk
Dandim 0810/Nganjuk Letkol Arh Sri Rusyono tampak tak canggung mengajar mengaji anak-anak di Desa Lengkonglor, Kecamatan Ngluyu, Nganjuk, Jumat 13 April 2018 (matakamera/foto : dok)

Jumat 13 April 2018
by Panji LS

matakamera, Nganjuk – Siapa sangka, Komandan Kodim (Dandim) 0810 Nganjuk Letkol Arh Sri Rusyono bisa menjadi guru mengaji dadakan.


Ini seperti ditunjukkan perwira TNI AD tersebut saat berada di mushola Desa Lengkonglor, Kecamatan Ngluyu, desa di pinggiran Nganjuk yang menjadi lokasi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Jumat 13 April 2018.

Kegiatan itu masih dalam rangkaian Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 di Bumi Anjuk Ladang (Nganjuk) Desa Lengkong Lor, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, 

“Alhamdulillah, kitakan memang dihimbau oleh hadist nabi untuk mengajarkan ajaran kita terutama membaca Alquran walau hanya satu ayat, jadi kemarin setelah sholat jumat dan berbincang dengan para pengurus masjid, kemudian diminta juga untuk meluangkan waktu mengajar ngaji anak-anak,” ujar Dandim.

Mengajarkan baca tulis Alquran, selain dapat berbagi pengetahuan, bagi Dandim juga bisa mendatangkan ketenteraman hati. “Meski saya bukan ahli (membaca Alquran,red), tapi dulu pernah belajar dan memperdalam pengetahuan baca Alquran. Selain itu membaca Alquran itu kan adem di hati,” paparnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan TMMD ke 101 di Kecamatan Ngluyu hingga saat ini terus berlangsung, kegiatan fisik berupa pembangunan infrastruktur jalan tembus antara Desa Lengkonglor Kecamatan Ngluyu menuju Desa Losari Kecamatan Gondang terus dikebut dan pengerjaan sudah mencapai 50 persen lebih. Selain itu pembangunan 10 Unit Rumah Tidak Layak Huni (RLTH) juga terus dikerjakan, bahkan dikerja lembur para anggota TNI dan warga siang malam agar selesai tepat waktu.

Selain terus melakukan kegiatan fisik, program non fisik juga dikerjakan secara bersamaan. Yang menarik dari serangkaian kegiatan yang memang sudah terjadwal banyak kegiatan spontanitas korps penjaga keutuhan Negara Republik Indonesia (NKRI) tersebut. Seluruh anggota Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke 101 Kodim 0810 Nganjuk sudah menunggal, sehingga begitu mengetahui warga Desa Lengkonglor mengalami kesulitan langsung turun untuk membantu meski diluar agenda program.

 “Itu adalah salah satu bentuk spontanitas, menolong warga membetulkan atau memasang pipa air di sawah, membantu panen, mengangkatkan rumput seorang kakek, dan lain-lain itu adalah tindakan spontanitas anggota satgas TMMD. Alhamdulillah seluruh warga menerima dengan baik dan Pemda juga memberikan support sekaligus mengapresiasi,” pungkas Dandim.


Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname