Antisipasi Kekeringan di Nganjuk, Warga dan TNI Perbaiki Sumur Bor

tmmd nganjuk
Warga dan prajurit TNI bahu-membahu membenahi alat penyedot air bersih, untuk mengantisipasi kekeringan di Desa Lengkonglor, Kecamatan Ngluyu, Nganjuk, Sabtu 28 April 2018 (matakamera/foto : Rizal)
Sabtu 28 April 2018
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk termasuk daerah yang kering dan sulit untuk mendapatkan sumber mata air. Itulah salah satu penderitaan yang dialami masyarakat Desa Lengkong Lor Kecamatan Ngluyu.

Selama ini warga desa banyak mengandalkan sumur resapan yang masih mengeluarkan sumber air untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka. Namun sayangnya tidak semua warga memiliki sumur resapan seperti itu.Penderitaan kian terasa akibat rusaknya sumur bor di tengah desa yang biasa dimanfaatkan penduduk setempat.

Apalagi saat ini sudah memasuki awal musim kemarau, yang mana curah hujan di daerah tersebut semakin berkurang, sehingga cadangan air tanah juga semakin berkurang dan berdampak pada banyaknya sumur yang mengering.

“Sudah beberapa tahun ini kami warga desa tidak lagi bisa memanfaatkan sumur ini. Karena air yang keluar sangat kotor dan kecil, sehingga kami harus mengambil air bersih dari sumur warga lain yang masih ada airnya, terkadang itupun kami harus mengantri,” keluh Sumijan, salah seorang warga desa Lengkong Lor.

Melihat kenyataan itu, Satgas TMMD 101, yang dikomando oleh Dandim 0810/Nganjuk, Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E, yang juga merupakan DanSatgas tergerak untuk meringankan masalah yang mendera terkait ketersediaan air bersih. Salah satu langkah konkret yang dia ambil adalah dengan memperbaiki sumur bor yang selama ini mengalami kerusakan.

Setelah diperiksa, ternyata ada beberapa pipa yang sudah mulai berkarat dan tersumbat. Akibatnya air yang dihasilkan tidak layak lagi untuk dikonsumsi. Tanpa menunda waktu, Satgas TMMD 101 bersama warga bahu membahu memperbaiki saluran air bersih dengan mengganti pipa yang sudah berkarat dan tersumbat.

Dengan adanya inisiasi dari Satgas TMMD 101 Kodim 0810/Nganjuk dalam hal perbaikan sumur bor, diharapkan masyarakat Desa Lengkong Lor tidak lagi mengalami kesulitan dalam hal pemenuhan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Sumur bor dengan kedalaman 90 meter tersebut sangat berarti bagi masyarakat Desa Lengkong Lor. Karena dengan berfungsinya kembali sumur itu akan dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi 83 kepala keluarga yang mendiami desa tersebut.

(ds/ab/ads/2018)
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname