Satgas TMMD Nganjuk Sosialisasikan Gerakan Makan Ikan

nganjuk
Suasana sosialisasi Gemarikan oleh Satgas TMMD ke 101 Kodim Nganjuk bersama Dinas Perikanan Kabupaten Nganjuk, Rabu 18 April 2018 (matakamera/ist)
Rabu 18 April 2018
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang disosialisasikan Satgas TMMD 101 Nganjuk  bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan melibatkan siswa/siswi TK Dsn Sugihwaras II, TK Dusun Gampeng I dan TK Dusun Gampeng II  sebagai pesertanya. Yang di Hadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nganjuk, Drh. Sutjahyono, Komandan SSK TMMD 101 Kapten Inf Suwanto dan Camat Ngluyu Drs. Supardi M.Si beserta Staf Kecamatan Ngeluyu, bertempat di halaman Kantor Kecamatan Ngeluyu Kabupaten Nganjuk. Rabu 18 April 2018

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nganjuk, Drh. Sutjahyono menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan bersama Satgas TMMD dan Pemcam Ngluyu tersebut merupakan sosialisasi sekaligus mengajak untuk gemar makan ikan. Gemarikan merupakan gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

“Tentunya secara teratur dalam jumlah yang disyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia yang sehat, kuat, dan cerdas. Ini harus dibiasakan sejak usia dini,” jelasnya.

Perlunya makan ikan, menurutnya karena pada ikan terdapat kandungan nilai gizi yang sangat tinggi dan lengkap. Baik protein, mineral, vitamin, dan lemak dengan asam lemak tidak jenuh. Juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

“Nilai protein ikan sangat tinggi. Ikan mengandung protein lebih lengkap dibanding dengan protein hewani lainnya‎. Protein ikan sangat berguna untuk pertumbuhan badan, mempertahankan dan memelihara kesehatan tubuh, serta mencerdaskan otak,” paparnya.

Camat Ngeluyu, Drs. Supardi M.Si berterimakasih Kepada Satgas TMMD dan menyambut baik kegiatan yang dinilai sarat manfaat tersebut. Bahkan makan ikan harus dibiasakan sejak usia dini. Terlebih ikan dapat disajikan dengan berbagai menu agar disukai dan tidak membosankan.

“Anak-anak harus mendapat asupan gizi yang baik. Dan dengan memakan ikan kebutuhan gizinya bisa terpenuhi,” terangnya.

Apalagi, di Kabupaten Nganjuk memiliki banyak pilihan komoditas ikan. Baik ikan laut maupun ikan air tawar. Sehingga sangat miris jika masyarakat Nganjuk tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi dari ikan yang sangat mudah didapatkan.

“Gerakan ini sangat positif sekali dan diharapkan diterapkan oleh masyarakat. Dan kepada para orang tua harus mendidik anaknya agar menyukai makan ikan,” kata camat.

Sementara itu, rangkaian Gemarikan tersebut diisi pula dengan kuis,Lomba mengambar dan menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan makan ikan, hingga makan ikan bersama.

(ab/ads/2018)
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System