UNBK SMK, Sekolah Ini Pakai CCTV untuk Awasi Peserta

SMK
Jadwal UNBK SMA/MA dan SMK yang dirilis Kemendikbud RI. Pekan ini adalah jadwal UNBK SMK yang digelar serentak seluruh Indonesia (matakamera.net)
Senin 2 April 2018
Edited by Panji LS

matakamera, Kediri - Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMK di Kota Kediri dan Kabupaten Kediri, Jawa Timur, diikuti sebanyak 11 ribu siswa, baik negeri maupun swasta. Pada UNBK kali ini semua lembaga kejuruan melaksanakan ujian di masing-masing sekolahnya tanpa ada yang menggabung dengan sekolah lain.

Hanya saja, dari 20 lembaga pada tahun ini masih satu sekolah yang melaksanakan pengawasan ujian dengan menggunakan CCTV yakni di SMK Negeri 2 Kota Kediri.

Kasi Pendidikan SMA dan SMK Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Kediri Sidik Purnomo mengatakan, dengan pengawasan via CCTV ini proses ujian lebih efektif.

Diakuinya belum semua sekolah mengikuti pengawasan cctv karena terkendala saranan dan prasarana. “Dengan CCTV, bisa dipantau jarak jauh. Hanya saja, belum semua lembaga sekolah yang terpasang CCTV,” ujarnya.

Lebih lanjut menurut Sidik, sesuai target dari kepala Dinas Pendidikan memang pada tahun ini seharusnya semua sekolah mengikuti proses pengawasan melalui CCTV. Untuk itu ia berharap pada tahun depan semua sekolah bisa melaksanakan.

Sementara itu, disisi lain menurut Kepala SMK Negeri 2 Kota Kediri Mashari Krisna, hari pertama UNBK di sekolahnya  berjalan lancar. Pihak sekolah telah berkoordinasi dengan PLN serta dua provider untuk menjamin berlangsungnya ujian tersebut.

Selain itu, pihaknya telah melakukan uji coba, penggunaan kamera pengawas CCTV untuk memonitor jalannya ujian. Ini sesuai arahan dari Dinas Pendidikan Prov Jawa Timur.

"UNBK berjalan dalam dua sesi, dengan total siswa 661. Pihak sekolah menyediakan 17 ruang dengan masing masing 20 komputer, serta 1 ruang tambahan untuk cadangan berkapasitas 36 komputer," beber Mashari.

(ds/ab/2018)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname