Upacara Harkitnas Singgung Pembangunan SDM di Era Digital

Jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk mengikuti Upacara Harkitnas ke 101 di Lapangan GOR Bung Karno Nganjuk, Senin 21 Mei 2018 (ist)
Senin 21 Mei 2018
 
matakamera, Nganjuk - Hari ini Senin 21 Mei 2018, di Lapangan GOR Bung Karno dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasoinal yang ke-110.

Tema nasional dalam amanat yang disampaikan oleh inspektur upacara kali ini, antara lain menyebutkan, 
bahwa bebih dari satu abad yang lalu, kita bangsa Indonesia tidak mempunyai apa-apa hanya semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa untuk meraih kemerdekaan.

Namun sejarah membuktikan bahwa bersatu adalah kunci utama untuk meraih cita-cita yang sangat mulia yaitu merdeka, sehingga berdirilah Boedi Uetomo pada tahun 1908.

Boedi Oetomo menjadi satu penanda bahwa bangsa  Indonesia untuk pertama kali menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan.

Presiden pertama dan Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno, mengatakan bahwa dengan Boedi Oetomo untuk pertama kalinya kita mulai menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan itu.

"Pada hari itu kita mulai memasuki satu cara baru untuk melaksanakan ide, satu naluri pokok daripada bangsa Indonesia, yaitu naluri untuk Merdeka.

Pada awal tahun 2018 ini, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pembangunan sumber daya manusia (SDM) akan menjadi fokus Pemerintah pada tahun 2019, menggantikan percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pada 2015-2018.

Melalui pembangunan manusia yang terampil dan terdidik, pemerintah ingin meningkatkan daya saing ekonomi dan secara simultan meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya. Oleh sebab itu tema
"PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA MEMPERKUAT PONDASI KEBANGKITAN NASIONAL INDONESIA DI ERA DIGITAL" dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2018, ini harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta.


Tujuan peringatan 110 tahun kebangkitan Nasional Tahun 2018 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita ke depan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.



Dalam Upacara tersebut dihadiri oleh Forkopimda , Kepala UPTD Se-Kabupaten Nganjuk ,Satpol PP,BPBD,sedangkan pasukan yang hadir dari Kodim 0810 satu Kompi, satu Kompi dari Sat Sabhara Polres Nganjuk, Kompi PGRI,satu Pleton dari Pasukan pemadam Kebakaran, dan satu Pleton dari BPBD Kabupaten Nganjuk.

Pada sambutan terakpir, Pj Bupati Nganjuk Sudjono berharap, Pada tanggal 27 Juni 2018 nanti kita semua hadir di TPS untuk memilih pemimpin kita ,memilih yang terbaik diantara yang baik sesuai hati nurani masing-masing.

"Ajak seluruh warga untuk mensukseskan Pemilukada di Kabupaten Nganjuk yang kita cintai ini ,lima tahun ke depan Nganjuk akan lebih baik dan bangkit kembali,” pungkasnya.

(Humas Polres Nganjuk)
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname