H-3 Pilkada Nganjuk : Surat-Kotak Suara Dikirim, Polisi Dilarang Masuk TPS

Ratusan aparat kepolisian dariberbagai satuan saat Apel pengamanan Pilkada Nganjuk, Ahad 24 Juni 2018 (Humas Res Nganjuk)

Ahad 24 Juni 2018
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk – Tiga hari menjelang Pilkada Nganjuk, Ahad 24 Juni 2018, logistik utama pemungutan suara mulai didistribusikan ke Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK).

Logistik berupa surat suara, alat coblos, bilik, tinta, dan kotak suara itu, dikirim dari gudang logistik KPU Nganjuk yang ada di jalan raya Surabaya- Madiun, Kelurahan Kedondong, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk.

Pengiriman dilakukan bertahap selama dua hari sampai Senin 25 Juni 2018, mengingat keamanan dan waktu. Karena sesuai aturan, logistik tidak boleh didistribusikan malam hari.

Tahapannya, logistik akan menginap satu malam di PPK, selanjutnya akan didistribusikan ke PPS (desa/kelurahan), dan diteruskan ke tempat pemungutan suara (TPS). Sehingga, pada hari H pencoblosan Rabu 27 Juni 2018 nanti, semua logistik sudah siap dipakai.

Ketua KPU Nganjuk Agus Rahman Hakim usai melepas iring-iringan truk pengangkut logistik Pilkada Nganjuk mengatakan, kendala yang sempat terjadi kekurangan surat suara. Namun, keterlambatan surat suara sudah dapat diatasi, dan surat suara sudah dilipat serta disegel.

“KPUD akan mendistribusikan logistik pemilukada tepat waktu, sehingga tahapan pemilukada tidak terhambat,” terang Agus.

KPUD juga akan terus memantau pendistribusian logistik hingga sampai di masing masing TPS.

Polisi Dilarang Masuk TPS

Sementara itu, di hari yang sama Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta S.I.K.,M.H. juga mengumpulkan ratusan aparat kepolisian dalam Apel Bhabinkamtibmas di Mapolres Nganjuk.

Apel bertujuan untuk mengecek kesiapan pengamanan pemungutan suara Pilkada Nganjuk.
Agenda ini akan dilanjutkan penerjunan ratusan aparat ke seluruh TPS  yang ada diwilayah hukum Polres Nganjuk mulai Senin 25 Juni 2018.

Kapolres dalam arahannya menyampaikan Polri pada saat pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS dilarang memasuki TPS.

“Kecuali apabila KPPS membutuhkan kita untuk menanggulangi kejadian gangguan kamtibmas yang terjadi di lokasi TPS," ujarnya.

(ds/ab/2018)

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System