Selamat! Nganjuk Raih Predikat WTP Hasil Audit BPK

bupati nganjuk
Pj Bupati Nganjuk Sudjono dan Ketua DPRD Nganjuk Puji Santoso, usai menerima LHP dari BPK-RI di Sidoarjo, Kamis 31 Mei 2018 lalu (foto : dok. Pemkab Nganjuk)
Senin 4 Juni 2018
by Panji LS

matakamera, Sidoarjo - Upaya peningkatan kinerja yang dilakukan pemerintah Kabupaten Nganjuk rupanya menuai hasil.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI mengganjar Kabupaten Nganjuk dengan predikat wajar tanpapengecualian (WTP), atas pengelola keuangan pemerintah daerah tahun 2017.

Laporan hasil pemeriksaan diterima secara langsung oleh Pj Bupati Nganjuk Sudjono, di Ruang Auditorium BPK RI Perwakilan provinsi Jawa Timur, Sidoarjo, Kamis 31 Mei 2018.

Laporan tersebut diserahterimakan oleh Plt Kepala BPK Perwakilan Jatim, Ayub Amali, kepada Pj. Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, ditandai dengan penandatanganan berita acara.

Plt Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur Ayub Amali, mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada para Kepala Daerah dan pimpinan DPRD yang tetap berkomitmen mendukung penyelenggaraan keuangan negara dengan baik.

"Tujuan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah diharapkan bisa menjadi media penilaian terhadap kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan, terimakasih kepada kepala daerah yang berkomitmen mendukung penyelenggaraan keuangan dengan baik. Terdapat empat kriteria yang dilakukan BPK dalam poses pemeriksaan, diantaranya, apakah laporan keuangan sesuai standar akuntasi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, Kepatuhan terhadap perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal," ujarnya.

Ia juga berharap, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah berbasis Aktual diharapkan dapat menciptakan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah, sehingga tata kelola keuangan menjadi lebih akuntabel.

Ayub menambahkan, meskipun telah menerima predikat WTP, ada satu hal yg menjadi perhatian dan menjadi catatan BPK, yaitu pengelolahan aset tetap, yang masih perlu diperbaiki.

"Bagi Kabupaten/Kota yang telah menerima predikat WTP, diharapkan untuk tetap meningkatkan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara dilingkungan kerja masing-masing," pesannya.

Penerimaan Laporan Hasil Pemeriksaan oleh BPK RI turut di hadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Kepala Inspektorat Kabupaten Nganjuk, Kepala Bappeda Kabupaten Nganjuk, Kepala BPKAD Kabupaten Nganjuk.

(ab/2018)

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System