Jelang Pendaftaran Capres, SBY-Prabowo Sepakati Koalisi Demokrat-Gerindra

prabowo
SBY dan Prabowo saling memberi hormat, di tengah pertemuan keduanya yang berlangsung di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, Senin 30 Juli 2018 (foto : Ferdinand Hutahaean)

Senin 30 Juli 2018
by Panji LS

matakamera, Jakarta - Lima hari menjelang pembukaan masa pendaftaran capres-cawapres oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto membuat kesepakatan koalisi.

SBY bahkan secara gamblang menyebut Prabowo adalah calon presiden 2019-2024.

Hal ini disampaikan Presiden RI keenam tersebut, usai melakukan pertemuan tertutup secara empat mata dengan Prabowo, di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran, Jakarta, Senin 30 Juli 2018.

"Kami datang dengan satu pengertian, Pak Prabowo adalah calon presiden kita," kata SBY dalam jumpa pers.

Sementara itu Prabowo mengatakan, bisa saja ia tidak diusung sebagai capres dalam koalisi ini karena belum ada dokumen hitam di atas putih. Posisinya sebagai capres juga masih bisa berubah atas kehendak Tuhan dan dinamika yang terjadi.

Namun, jika memang nantinya Prabowo yang diusung sebagai capres, posisi cawapres akan diserahkan kepada dirinya. SBY tidak akan mengintervensi.

"Beliau (SBY) serahkan sepenuhnya pada saya, seandainya saya nanti jadi calon presiden," kata mantan Danjen Kopassus yang punya sebutan khusus '08' (kosong delapan) tersebut. 

Prabowo dan SBY menggelar pertemuan kedua hari ini. Pertemuan pertama berlangsung Selasa pekan lalu, 24 Juli 2018, di kediaman SBY di Kuningan, Jakarta Selatan. 

Menurut Prabowo, dalam pertemuan kedua ini, Gerindra dan Demokrat sepakat untuk berkoalisi dalam menghadapi Pilpres 2019. Sementara SBY menuturkan pertemuan di Kertanegara membuka jalan koalisi semakin lebar.


Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname