Pendaftaran Caleg Membeludak di Hari Terakhir, Silon KPU Nganjuk Kewalahan

Pengurus, kader, dan para bacaleg DPC PDIP Nganjuk saat mendaftar ke KPU Nganjuk Selasa 17 Juli 2018 (ist)

Rabu 18 Juli 2018
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - Pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk resmi ditutup Selasa tengah malam, 17 Juli 2018 pukul 24.00 WIB.

Namun menjelang penutupan, Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU justru lelet dan sering ngadat, lantaran membeludaknya bacaleg dan parpol yang mengakses secara bersamaan.

Parpol dan para bacalegnya pun sempat kesulitan untuk mengunggah berkas pencalonan anggota legislatif.

Ketua DPC PDI Perjuangan Nganjuk Tatit Heru Tjahjono mengatakan, keterlambatan pendaftaran Caleg ini salah satunya disebabkan ada keterlambatan upload data Caleg.

“Sebenarnya kemarin (16 Juli 2018, red) kami akan mendaftarkan. Namun karena ada trouble, sehingga baru siang ini kami mendaftar,” ujarnya.

PDIP Nganjuk Targetkan Raih 17 Kursi

Ketika ditanya kesiapan partai untuk mengantarkan Caleg dari PDI-P untuk menduduki kursi DPRD Nganjuk, Tatit menyebut secara kuantitas dan kapasitas para caleg yang diusung partainya sudah siap bertarung di Pemilu 2019. Dengan modal sebelas kursi, yang dimiliki di DPRD Kabupaten Nganjuk, ia optimis akan memenangkan Pemilu 2019.

“Target dari PDI Perjuangan untuk Pemilu 2019, kami akan mendapat 17 Kursi di DPRD Kabupaten Nganjuk,” katanya.

Sementara itu Marhaen Djumadi, Cawabup Nganjuk terpilih yang juga pengurus DPD PDIP Jawa Timur mengatakan, dia mendukung sepenuhnya agar target 17 kursi legislatif bisa terpenuhi.

“Saya akan ikut mendukung penuh karena kader-kader terbaik PDI Perjuangan ini ikut mensukseskan saya beserta Mas Novi menjadi bupati dan wakil bupati Nganjuk,” ujar Wabup Nganjuk terpilih tersebut.

Terkait masalah kelambanan Silon, Ketua KPU Nganjuk, Agus Rahman Hakim menyampaikan hal itu disebabkan para partai politik dan Caleg melakukan pendaftaran secara bersama-sama pada hari terakhir. “Sehingga kapasitas web SILON menjadi berat dan mengakibatkan lemot,” jelasnya.

Agus Rahman menyebut, sampai pukul 16.00 WIB pihaknya baru menerima enam parpol yang mendaftarkan caleg. Adapun parpol yang sudah mendaftar antara lain, Golkar, PDI-Perjuangan, PKS, Berkarya, NASDEM, dan Hanura.

“Pendaftaran Caleg ditutup pada 17 Juli 2018, pukul 00.00 WIB. Para partai Politik harus mendaftarkan Calegnya dengan memenuhi persyaratan B1, B2, dan B3,” pungkasnya.

(ds/ab/2018)
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System