Dinasti Politik Sutrisno Berkuasa 20 Tahun di Kediri, Siap-Siap Dilanjutkan Anaknya

Sutrisno (Bupati Kediri 1999-2009) dan istrinya, Hariyanti (Bupati Kediri sekarang), serta Eggy Adityawan dan istrinya, yang digadang maju sebagai calon Bupati Kediri pada Pilkada 2020 mendatang (foto : facebook)

Rabu 19 September 2018
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Kediri - Dinasti politik keluarga Sutrisno menguasai pemerintahan di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, sejak tahun 1999.

Dimulai pada masa kepemimpinan Sutrisno sendiri sebagai Bupati Kediri selama dua periode, mulai tahun 1999 sampai 2009. Habis masa jabatannya, kekuasaan lalu dilanjutkan sang istri, Haryanti Sutrisno, yang menjabat Bupati Kediri periode pertama pada 2010 sampai 2015.

Kekuasaan Haryanti yang diusung PDIP itu juga langgeng, dan berlanjut ke periode kedua, mulai tahun 2016 sampai 2021.

Saat ini, keluarga Sutrisno juga sudah menyiapkan sosok generasi penerus, yang digadang-gadang menjadi calon bupati di Pilkada Kabupaten Kediri 2020 mendatang. Dialah Eggy Adityawan, anak ketiga Sutrisno.

Tanda-tanda untuk memperpanjang masa kekuasaan sampai 25 tahun itu sudah tampak, dari unggahan di akun Instagram pribadi Sutrisno @sutrisno_kdr. Unggahan 17 November 2018 itu memuat gambar poster Eggy Adityawan, yang tampak mengenakan gamis putih dan peci hitam.

Tak hanya itu, terdapat pula sejumlah kalimat slogan promosi, seperti "Memilih yang Terbaik untuk Kehidupan yang Lebih Baik", disertai tagar #kediriganti dan #ganti yang muda.

Di bawah unggahan gambar tersebut, Sutrisno juga membubuhi caption "Didiklah anak / cucu kita belajar agama , supaya dewasa nya ber moral baik sesuai Agama"

Terkait fenomena dinasti politik terlama di Kabupaten Kediri ini, Koordinator Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah Robert Endi Jaweng Endi, dalam sebuah diskusi di Jakarta, 7 Januari 2017 lalu mengatakan, fenomena di Kabupaten Kediri ini termasuk dalam model dinasti regenerasi.

Dinasti politik ini dilakukan secara bergilir tanpa jeda.

Daerah yang pertama kali melakukan dinasti politik adalah Kabupaten Kediri dengan kepemimpinan di bawah Sutrisno selama dua periode sejak 1999 sampai 2009.

"Jadi memang ini dinasti pertama yang sebetulnya paling lama di Indonesia, sejak 1999 dipimpin keluarga," kata Robert.

Kemudian, berlanjut ke istri pertama Sutrisno, Haryanti. Dalam pertarungan di Pilkada 2009, pun terjadi persaingan antara Hariyanti dengan Nurlaila sebagai istri kedua Sutrisno yang juga ikut mencalonkan saat itu.

Hingga sekarang, Kediri masih dipimpin Bupati Haryanti Sutrisno itu. Barulah, setelah dinasti politik di Kabupaten Kediri itu dilakukan, kemudian menular ke daerah lain seperti Provinsi Banten dan Kota Cimahi.

Menurut Endi, masyarakat harus betul-betul didorong untuk peduli dengan kondisi pemerintahan di daerahnya sehingga bisa ikut mengawasi. Ia mengakui, masyarakat di daerah kerap ketakutan untuk melapor jika menemukan penyimpangan.

"Inilah yang harus dibangun. Isu apapun yang muncul di masyarakat itu harus diperhatikan, jadi harus membangun kesadaran masyarakat," tutur dia.

(ds/ab/2018)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname