Tiba di Palu, Presiden Jokowi Cek Langsung Penanganan Korban Gempa

Presiden Joko Widodo dipeluk oleh seorang warga yang jadi korban gempa di Kota Palu, Sulteng, Ahad 30 September 2018 (foto : dok. Joko Widodo)

Ahad 30 September 2018
by Panji LS

matakamera, Palu - Presiden Joko Widodo tiba di Palu, Sulawesi Tengah untuk meninjau langsung dampak gempa dan tsunami, Ahad 30 September 2018.

Usai mendarat di Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, Jokowi langsung memimpin rapat terbatas (ratas) dengan sejumlah menteri, Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Panglima TNI dan Kapolri.

Setelah ratas, Jokowi kemudian memberikan arahan kepada prajurit TNI di pelataran atau teras bandara.

Dalam keterangan tertulis yang diterima dari Biro Pers Istana, secara khusus Jokowi meminta kesiapan para prajurit TNI untuk bekerja keras dalam tahapan evakuasi.

"Saya minta saudara-saudara semuanya siap untuk bekerja siang dan malam menyelesaikan yang berkaitan dengan evakuasi, siap?" kata Presiden.

"Siap!" jawab prajurit TNI serempak.

Selain evakuasi, Jokowi juga meminta kesiapan para anggota TNI untuk membantu proses rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa.

"Bekerja keras bersama-sama dengan masyarakat, dengan seluruh komponen Polri, masyarakat dan seluruh lembaga dan kementerian agar kita semuanya bisa segera menyelesaikan persoalan yang ada di provinsi Sulawesi Tengah ini," ujarnya.

Dari bandara, Jokowi langsung bergerak untuk meninjau sejumlah titik yang terdampak bencana.

Titik pertama yang dituju adalah Perumnas Balaroa. Di lokasi ini, Presiden meninjau lokasi reruntuhan bangunan dan menyerahkan bantuan.

Setelah itu titik berikutnya yang akan ditinjau Presiden adalah Pantai Talise. Pantai ini merupakan tempat wisata utama di Palu dan terdampak tsunami paling parah.

Selanjutnya Jokowi menuju Rumah Sakit Undata dan posko pengungsi di Lapangan Vatulemo.

(ds/ab/2018) 

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname