Datangkan Pakar Pertanian UB, Suryo Alam Dukung Patianrowo Jadi Sentra Jagung Manis

Anggota DPR-RI Mohammad Suryo Alam memberikan paket benih jagung manis untuk Sumaji, salah satu perwakilan gapoktan Patianrowo, di Balai Desa Tirtobinangun, Senin 26 November 2018 (foto : Panji)

Senin 26 November 2018
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk - Anggota DPR RI Fraksi Golkar Mohammad Suryo Alam kembali membaur dengan masyarakat untuk menyerap aspirasi.

Kali ini, Suryo Alam yang duduk di Komisi X menggandeng mitranya di Kemeristek Dikti, untuk memberikan bimbingan teknis budidaya jagung manis, yang dipusatkan di Balai Desa Tirtobinangun, Kecamatan Patianrowo, Senin 26 November 2018.

Tatap muka dilakukan dengan para petani dari tiga kecamatan di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, masing-masing Patianrowo, Lengkong, Kecamatan Jatikalen.

“Ini jadi kesempatan saya berdialog dengan masyarakat, khususnya petani. Kami tahu di Kecamatan Patianrowo ini sentra jagung manis. Kami harap sharing ini bisa meningkatkan produktivitas para petani, ” kata Suryo di sela acara.

Mohammad Suryo Alam secara simbolis memberikan paket bantuan benih jagung manis kepada Kepala Desa Tirtobinangun, didampingi Dosen Pertanian UB dan Camat Patianrowo (foto : Panji)

Melalui Kemenristek Dikti, Suryo Alam secara khusus mendatangkan pakar benih jagung dari Universitas Brawijaya (UB) Malang, Arifin Noor Sugiharto Ph.D, untuk membekali ratusan petani jagung manis dari berbagai desa di Kecamatan Patianrowo, Lengkong, dan Jatikalen.

Tak hanya memberikan asupan ilmu bertani, Suryo Alam juga membagikan secara langsung paket bantuan benih jagung manis kualitas unggul bercap ‘Bolotani’ untuk para petani.

“Ini paket komplit. Petani diberi pelatihan sejak masa tanam hingga cara pemasarannya,” ujar politisi lulusan Hull University of England tersebut.

Mengapa jagung manis yang dipilih?

Menurut Suryo Alam, tanaman ini relatif lebih cepat dipanen. Selain itu, harga jual di pasaran juga tinggi, sehingga sangat bisa mendongkrak perekonomian para petani yang menggarapnya.

“Apalagi lokasi Patianrowo dekat dengan kota-kota besar seperti Surabaya, prospeknya (produksi jagung manis) sangat menjanjikan,” imbuhnya.

Suryo Alam berfoto bersama para petani peserta Bimbingan Teknis Budidaya Jagung Manis di Desa Tirtobinangun, Kecamatan Patianrowo, Nganjuk, Senin 26 November 2018 (foto : Panji)

Hadir pula dalam forum tersebut Plt Kepala Dinas Pertanian Nganjuk Istanto Winoto, yang mengaku sangat terbantu dengan program yang digagas Suryo Alam. Begitu juga dengan Camat Patianrowo Subani.

“Kami sangat berterima kasih dengan Pak Suryo. Masyarakat petani Patianrowo kini jadi lebih tahu cara pembudiayaan jagung manis,” ujar Camat Subani.

Sementara itu Sumaji, perwakilan salah satu gapoktan di Patianrowo mengaku sangat terkesan dengan inovasi Suryo Alam selaku Komisi X DPR-RI, yang telah mendatangkan pakar benih jagung dari UB Malang.

“Kami mendapatkan banyak sekali ilmu bercocok tanam jagung manis. Sekarang kami jadi tambah semangat memproduksi jagung manis,” tukas Sumaji.

(ds/ab/ads/2018)   



Share on Google Plus

About Matakamera Production

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname