Sedudo Enduro : Uji Ketangguhan di Jalur Ekstrem Gunung Wilis

Lewat Downhill, Kapolres Nganjuk Promosikan Wisata di Kawasan Sedudo

Para peserta Sedudo Enduro Kapolres Nganjuk Cup 2018 berlomba menjadi yang paling tangguh di jalur menantang Gunung Wilis, Nganjuk, Ahad 11 November 2018 (foto : instagram @dinpotret)

Ahad 11 November 2018
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - Ada banyak aktivitas yang dapat kita lakukan di gunung selain mendaki. Kini mulai banyak orang yang menyukai jenis olahraga pegunungan yang tergolong ekstrem, yaitu bersepeda downhill.

Sebagai gambaran, downhill memadukan ketangkasan bersepeda dan uji ketangguhan menuruni jalur ektrem di kawasan hutan dan gunung.

Pada Ahad pagi 11 November 2018, digelar kompetisi downhill bertajuk Sedudo Enduro Kapolres Cup 2018, di kawasan hutan Watulawang dan Cemoro Kandang, Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, yang diikuti tak kurang dari 206 pembalap dari seluruh Indonesia.

Sesuai namanya, Sedudo Enduro adalah event downhill perdana di kawasan Gunung Wilis Nganjuk yang diprakarsai oleh Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta beserta jajaran Polres Nganjuk.

Para peserta downhill berlomba mengayuh sepeda dengan medan sulit dan penuh tantangan sepanjang sekitar 3 kilometer, menuruni jalan setapak hingga jalur berbatu.

“Kita ingin mengenalkan bahwa di di Nganjuk ini ada lokasi yang bisa jadi rujukan penghibur bersepeda. Wajib dicoba, utamanya bagi pemula,” terang Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta kepada wartawan di lokasi, Ahad siang 11 November 2018.

Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta (berkacamata) menyerahkan hadiah untuk para juara Sedudo Enduro 2018 di kelas masing-masing (ist)

Kapolres mengatakan, dari 206 peserta ada 9 di antaranya atlet sepeda nasional. Tak tanggung-tanggung, event ini dibanjiri doorprize di antaranya sebuah sepeda motor.

“Ada 206 peserta dan 9 di antaranya atlet nasional untuk meramaikan. Peserta dari Jabodetabek, Jateng, Yogyakarta dan Jatim,” ujarnya.

9 Dari 206 peserta Sedudo Enduro Kapolres Cup 2018, yakni David Iskandar, Hildan Afosma Katana, Yovento Ditra Pranata, Abdul Hakim. Adapula Agung Prio Apriliani, Rendy Varera Sanjaya, Mas Permadi, Deyna Rizki Ramadhan serta Firda Nabila Nur Aziza.

Selain untuk bersepeda, lokasi tersebut juga dekat hamparan yang biasa dimanfaatkan untuk berkemah. Pecinta wisata sepeda juga bisa menikmati indahnya Air Terjun Sedudo.

Menurut Kapolres, event Sedudo Enduro juga bisa dijadikan media untuk mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Nganjuk, khususnya di kawasan Air Terjun Sedudo.

Sementara lokasi wisata sepeda berjarak hanya sekitar 4 Km saja dari Air Terjun Sedudo. Berjarak sekitar 20 Km dari pusat Kota Nganjuk masuk di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan.

Cuaca wisata di Watulawang Sedudo Nganjuk ini tidak terlalu panas dan cenderung sejuk. Sebab dikelilingi hutan Pinus. Di samping itu lokasi berada di ketinggian 1.438 meter dpl, masuk area pegunungan Wilis.

(ds/ab/2018)
Share on Google Plus

About Matakamera Production

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname