Sudah Dua Tahun Pak Kencong Tambal Sendiri Jalan Berlubang di Nganjuk

Pak Kencong meggunakan alat dan bahan material seadanya untuk menambal lubang-lubang di sepanjang jalan Barong-Warujayeng, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk (ist)

Kamis 29 November 2018
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - Aksi Pak Kencong, pria parobaya asal Gambirejo, Kelurahan Warujayeng, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, telah berhasil menggugah hati jutaan orang.

Selama dua tahun terakhir, sejak 2016 lalu, Pak Kencong melakukan aksi sukarela menambal jalan raya yang berlubang, di sepanjang jalan raya Barong - Warujayeng, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk.

Kisah inspiratif Mbah Kencong ini kemudian menjadi viral di dunia maya.

Banyak pengendara yang merasa terbantu dengan apa yang dilakukan oleh mbah Kencong ini.

Dari sebuah video yang diunggah akun Komarudin Udesta, 29 November 2018, aksi Pak Kencong menambal jalan dilakukan dengan mengendarai motor butut, sebuah cangkul dan timba. Dia menambal jalan dengan bahan tanah dan kerikil di pinggir jalan.



youtube 

Aksi sukarela ini dia lakukan, sejak anak lelakinya yang bernama Adi Cahyono, meninggal dunia karena kecelakaan saat motornya jatuh lewat lubang jalan dan tertabrak sebuah truk dari arah belakang.

Sejak itu, Pak Kencong bertekad memperbaiki dan menutup jalan-jalan berlubang di wilayahnya, agar musibah yang menimpa almarhum putranya tak menimpa orang lain.

Walaupun beberapa pejalan kaki terkadang suka memberi uang ala kadarnya, atau bila memang ada dermawan akan memberikan bahan untuk menambal jalan tersebut.

Namun tanpa itu pun Pak Kencong tetap menjalankan misi sosialnya, bila tidak ada dana biasanya ia akan menutup jalan berlubang tersebut dengan urukan tanah warga.

Warga sekitar dan pengendara merasa terbantu dan berusaha memberikan makanan atau sekedar minum untuk Mbah Kencong selama bekerja.

(ds/ab/2018)
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname