Di Nganjuk, Cawapres Ma'ruf Amin Janjikan Tiga Konsep Ekonomi Ini

Cawapres Ma'ruf Amin saat menjadi pembicara dalam dialog kebangsaan di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Selasa 22 Januari 2019 (ist)

Selasa 22 Januari 2019
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - Calon wakil presiden (Cawapres) Ma’ruf Amin menawarkan tiga konsep dalam pemberdayaan dan peningkatan ekonomi umat. Hal pertama yang penting adalah mendorong kemauan masyarakat untuk terjun dalam wirausahawan.

“Kedua, pemerintah akan mengeluarkan regulasi yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi umat," tegas Ma'ruf saat menghadiri Launching Kopi Abah dan Dialog Kebangsaan bertema Arus Baru Ekonomi Umat, Masa Depan UMKM dan Koperasi Syariah di Kabupaten Nganjuk, Jatim, Selasa (22/1) malam, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut, Ma’ruf juga akan mendorong kolaborasi antara konglomerat dengan masyarakat ekonomi bawah. Sinergi antara keduanya ini diyakini mengecilkan disparitas ekonomi.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu menjelaskan, sejauh ini, pertumbuhan ekonomi tidak mengalir deras ke golongan bawah. Imbasnya, masyarakat yang berekonomi kuat semakin kuat, sedangkan masyarakat bawah semakin melarat. Disparitas ekonomi pun semakin lebar.

“Ekonomi harus dibangun dari bawah. Pemberdayaan umat yang paling penting. Apabila ekonomi umat kuat, maka bangsa akan kuat juga," imbuh Ma'ruf.

Ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut menjelaskan, saat ini dirinya sudah menggagas program “Gus Iwan” yang merupakan singkatan dari Santri Bagus Pintar Ngaji Usahawan. Menurutnya, membangunkan santri untuk melek ekonomi adalah salah satu pemberdayaan umat.

"Jadi santri tidak semuanya jadi kiai, tetapi jadi wirausahawan," jelas dia.

Santri, menurut Ma'ruf, bisa menumbuhkan ekonomi syariah yang selama ini tergolong rendah di Indonesia. Padahal, jelas Ma'ruf, banyak masyarakat membutuhkan ruang ekonomi syariah tetapi tidak memiliki akses yang banyak.

"Maka perlu dibangunkan usahawan yang bersyariah. Santri yang membakar ekonomi syariah supaya pangsa pasarnya menjadi luas," tandas Ma'ruf.

Dalam acara Dialog Kebangsaan dan Launching Kopi Abah ini, sejumlah kelompok kemasyarakatan dan ormas agama mendeklarasikan dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf. Di antaranya adalah Forum Kiai dan Santri Kabupaten Nganjuk.

(ds/ab/2019)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

Comments System

Disqus Shortname