Suryo Alam Keliling Nganjuk, Blusukan Sambil Salurkan 719 Beasiswa Anak Sekolah


Anggota DPR-RI Suryo Alam saat bertemu warga dan menyalurkan paket PIP di Desa Blongko, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Minggu 27 Januari 2019 (ist)

Selasa 29 Januari 2019
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk – Usai menyalurkan paket bantuan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 1 Berbek, Nganjuk, Sabtu 26 Januari 2019, Anggota DPR-RI Mohammad Suryo Alam  kembali melakukan blusukan keesokan harinya, Minggu 27 Januari 2019.

Tak tanggung-tanggung, ada sembilan titik lokasi di empat kecamatan sekaligus, yang didatangi Suryo Alam, di wilayah Kabupaten Nganjuk

Dalam blusukan kali ini, anggota Komisi X DPR-RI ini kembali menyalurkan paket bantuan PIP kepada peserta didik dan orangtuanya, sebanyak total 719 paket bantuan, baik untuk peserta didik SD, SMP, SMA maupun SMK.

Mohammad Suryo Alam di salah satu rumah warga di Dusun Kalianjok, Desa Bulu, Kecamatan Berbek (ist)

Suryo Alam mendatangi sembilan lokasi berbeda secara berturut-turut, nyaris tanpa jeda, sejak pagi sampai malam hari. Meskipun, jarak antar lokasi sangat jauh.

Lokasi pertama yang dikunjungi Minggu pagi adalah Kecamatan Berbek. Di lokasi ini, Suryo Alam menemui para warga, para orangtua peserta didik penerima PIP di dua titik. Masing-masing di Rumah Bapak Kasno, di Dusun Kalianjok, Desa Bulu, dan di Rumah Ma’mun, di Desa Kacangan. Ada sebanyak 124 paket PIP yang disalurkan di dua lokasi tersebut.

“Program ini digagas oleh Presiden Joko Widodo Jokowi, sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing peserta didik. Di Berbek, ada 124 anak yang mendapat PIP,” jelas Suryo Alam kepada matakamera.net, Selasa 29 Januari 2019.

Suryo Alam menyalurkan secara simbolis paket bantuan PIP kepada masyarakat di Gedung RA Madania, Desa Joho, Kecamatan Pace, Nganjuk (ist)

Bergeser dari Berbek, Suryo Alam langsung menuju RA Madania, di Desa Joho, Kecamatan Pace, untuk bertemu dengan masyarakat setempat, dan menyalurkan 86 paket beasiswa PIP. Lalu, dilanjutkan ke Desa Blongko, Kecamatan Ngetos,dengan membawa 157 paket bantuan PIP.

PIP yang telah dihimpun oleh relawan Bolo Suryo ini, dijelaskan Suryo tidak hanya untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), namun mulai Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menangah Kejuruan (SMK).

“Semua kita bantu, jangan sampai peserta didik sudah menerima KIP (Kartu Indonesia Pintar), tapi tak kunjung terealisasi, ini akan saya kawal terus program ini,” papar HM Suryo Alam.

Suryo Alam menyalurkan paket bantuan PIP di Desa Balongrejo, Kecamatan Berbek (ist)

Lokasi berikutnya, Suryo alam menyalurkan 117 paket PIP di Gedung Balai Pertemuan Dusun Tanggungan, Desa Bongrejo, Kecamatan Berbek.

Terakhir, Suryo Alam menuju ke daerah paling ujung utara Kabupaten Nganjuk, yakni di Kecamtan Ngluyu. Di lokasi ini, Suryo Alam membagikan sebanyak 235 paket PIP yang tersebar di empat titik berbeda.

Lebih jauh Suryo mengatakan, program PIP jelas peruntukannya, untuk menunjang peserta didik, agar dalam menempuh bangku pendidikan tidak sampai mengalami masalah terutama tentang biaya, meskipun sekolah itu gratis. Namun peserta didik juga membutuhkan biaya lain-lain.

Suryo Alam bersama warga di Gedung Pertemuan Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu 

PIP menjadi program andalan dari berbagai macam program Pemerintah Pusat di dunia pendidikan, untuk menopang keberhasilan peserta didik.

Rukiman, Warga Dusun Glidah, Desa Gampeng, Kecamatan Ngluyu, yang rumah menjadi tempat pertemuan Suryo Alam dengan warga, mengaku sangat mengapresiasi program PIP pemerintah, yang disalurkan oleh Suryo Alam.

Menurut Rukiman, sangat jarang wakil rakyat yang sungguh-sungguh melakukan gerakan nyata sepertiSuryo Alam, yang langsung dapat dinikmati warga. Kini, anak-anak di desanya semakin terjamin pendidikannya.

"Beliau (Suryo Alam) orang langka. Bahkan sampai turun sendiri keliling desa membagikan beasiswa. Saya doakan semoga terus berlanjut menjadi anggota DPR-RI periode berikutnya," ucap Rukiman.

(ds/ab/ads/2019)



Share on Google Plus

About Matakamera Production

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname