Wartawan, TNI, dan Pesilat Nganjuk Tanam 1.000 Pohon di Lahan Gundul

Para pengurus PWI Nganjuk berfoto bersama Wabup Nganjuk, Ketua DPRD Nganjuk, Dandim Nganjuk, Adm Perhutani Nganjuk, serta pimpinan perguruan silat di Nganjuk, usai apel penghijauan di Desa Duren (ist)

Selasa 5 Februari 2019
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk - Rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Kabupaten Nganjuk dilakukan dengan cara berbeda.

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nganjuk bersama Kodim 0810/Nganjuk, Perhutani Nganjuk, Pemkab Nganjuk, bersatu melakukan penanaman seribu pohon di Desa Duren, Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan semakin menarik dengan berbaurnya seluruh perguruan pencak silat se-Nganjuk yang tergabung dalam IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Cabang Nganjuk. Dengan penuh antusias mereka terlihat bahu-membahu menanam pohon sengon.

Dandim 0810/Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo mengungkapkan, kegiatan ini salah satunya bertujuan mencegah daerah pegunungan dari potensi bencana. Menurutnya, meskipun kini kondisi alam sekitar sudah hijau, namun langkah seperti ini perlu dilakukan. Pasalnya, beberapa waktu lalu kawasan pegunungan ini gundul akibat pembalakan luar, sampai memicu longsor dan banjir lumpur.

“Meskipun sudah hijau tapi budaya penanaman pohon perlu dilakukan. Dengan begitu potensi akan terjadinya bencana alam akan jauh lebih kecil,” ungkapnya.

 Administratur Perhutani Nganjuk, Bambang Cahyo Purnama menyampaikan, kegiatan penggalakan penanaman seribu pohon sangat perlu dilakukan. Hal itu guna mengantisipasi gundulnya hutan di wilayah yang dipangkunya. “Perlu sekali dilakukan, ini untuk mengantisipasi agar hutan di wilayah kami tidak gundul,” ujarnya.

Dandim 0810 Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo memimpin apel penghijauan (foto : Kodim Nganjuk)

Sementara itu, Ketua PWI Nganjuk, Andik Sukaca mengatakan, pihaknya sengaja turut serta berpartisipasi dalam kegiatan positif ini. Apalagi mengingat saat ini sudah mendekati detik-detik menjelang Hari Pers Nasional yang hanya tinggal hitungan hari. Selain itu, PWI Nganjuk berharap pasca terselenggaranya acara ini akan membuat daerah berjuluk kota angin bisa menjadi lebih hijau, sehat, dan terhindar dari segala macam bencana.

“Ini merupakan rangkaian HPN 2019 di Kabupaten Nganjuk. Semoga pohon yang ditanam dapat membuat kota angin lebih hijau, sehat dan terhindar dari bencana,” katanya.

Wakil Bupati (Wabup) Nganjuk Marhaen Djumadi juga hadir mewakili Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidayat yang berhalangan. Dalam sambutan Wabup, mewanti-wanti para pendekar pencak silat yang hadir dari berbagai perguruan agar terus menjaga persatuan.

“Yang paling penting, khusus Nganjuk semua pendekar dari perguruan silat manapun harus kompak dan menjaga persatuan. Dengan keterlibatan dalam penanaman pohon ini semoga makin menambah nuansa keakraban,” tandasnya.

(ds/ab/2019)
Share on Google Plus

About Matakamera Production

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname