Pusat Gempa Tektonik di Dekat Gunung Wilis, Perbatasan Kediri-Nganjuk


Selasa 19 Maret 2019
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - Gempa bumi magnitudo 3,5 skala richter, sempat membuat cemas warga di sekitar Kediri dan Nganjuk, Selasa petang 19 Maret 2019.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut terjadi pada pukul 17.34 WIB, dengan pusat gempa berada di darat, 10 km Barat Daya Kota Kediri.

Episentrumnya ternyata berada di kawasan Gunung Wilis, perbatasan antara Kabupaten Kediri dan Kabupaten Nganjuk.  Pusat gempa ini berada di kedalaman 5 kilometer. Sedangkan titik koordinat gempa berada di 7,87 lintang selatan dan 111,93 bujur timur.

Kepala BMKG Sawahan Nganjuk, Muhammad Chudori, dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, gempa bumi yang terjadi berjenis tektonik.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter-nya, Chudori menyebut gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Gempa dirasakan dalam skala MMI I-II di Kabupaten Nganjuk. Skala I berarti getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang. Sementara skala II berarti getaran dirasakan beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Belum ada informasi perihal dampak gempa terhadap masyarakat.

(ds/ab/2019)
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname