Eratkan Sinergi, Wartawan dan Kodim 0810/Nganjuk Buka Puasa Bersama

Dandim 0810/Nganjuk Letkol (Kav) Joko Wibowo secara simbolis memberikan paket lebaran kepada perwakilan jurnalis PWI dan IJTI Kabupaten Nganjuk (ist)

Kamis 30 Mei 2019
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk - Kodim 0810/Nganjuk menggelar silaturahmi dan buka puasa bersama insan pers Kabupaten Nganjuk, Kamis sore, 30 Mei 2019.

Kegiatannya diikuti oleh puluhan jurnalis dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), di aula Kodim 0810/Nganjuk.

Dalam acara silaturahmi dilanjutkan buka puasa bersama sore itu tampak para insan pers pada zona peliputan Kabupaten Nganjuk begitu menikmati. Kendati kemasan acara berlangsung sederhana, namun sarat diskusi-diskusi ringan antara para pemburu kabar dengan sejumlah aparat berbaju doreng tersebut. Sebuah diskusi ikhwal sistem pengamanan dan keamanan, baik seputar tahapan pelaksanaan pemilu juga menjelang dan pasca lebaran tahun ini.

Dandim 0810/Nganjuk, Letkol Kav Joko Wibowo. S.H., M.M, menyampaikan, pihaknya beserta jajarannya sengaja menjalin hubungan yang harmonis dengan insan pewarta yang ada di Kabupaten Nganjuk. Pasalnya, di antara dua institusi yang berbeda tersebut memiliki peran penting dalam menjaga kondusifitas keamanan di wilayah hukum Kabupaten Nganjuk.

Para wartawan se-Kabupaten Nganjuk berfoto dengan Dandim 0810/Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo

“Sengaja kami ingin menjalin sinergitas dengan insan pers, karena kami menyadari adanya saling ketergantungan satu dengan yang lain, guna menciptakan suasana yang kundusif di wilayah Nganjuk ini,” terang dandim di hadapan puluhan wartawan, baik media cetak, ciber, dan elektronik.

Menurut dandim, media harus menjadi garda terdepan untuk menangkal berita hoaks atau informasi yang mengandung ujaran kebencian. Untuk itu, dengan hadirnya kemasan berita-berita yang berimbang dan aktual, tentunya dapat menciptakan suasana yang nyaman dan sejuk bagi masyarakat.

“Makanya, peran media begitu penting,” tegasnya.

Kesempatan yang sama, Ketua PWI Kabupaten Nganjuk, Andik Sukaca menyampaikan, acara silaturahmi yang dikemas bersamaan dengan buka puasa bersama, menjadikan hubungan antara awak pewarta dengan TNI semakin baik.

Untuk itu, pihaknya bersama anggota PWI Kabupaten Nganjuk berjanji terus menyajikan konten-konten berita yang dapat mebawa nilai tambah bagi pembacanya. Sehingga, para konsumen berita mendapatkan pembelajaran edukatif. Lebih-lebih, konten-konten berita yang disajikan, menjauhkan dari unsur berita hoaks dan ujaran kebencian, yang selama ini telah meresahkan masyarakat.

“Kami (insan pers,red) menyadari, berita-berita yang tidak jelas sumber dan kebenarannya, sangat meresahkan masyarakat. Maka, sebisa mungkin kami hindari,” jelas wartawan yang sedang menyelesaikan kuliah jurusan hukum ini.

Menurut Andik, hubungan antara TNI dengan wartawan setidaknya tidak berhenti pada acara buka bersama seperti sore itu. Namun seyogiyanya lebih ditingkatkan dalam bentuk lain, seperti kegiatan olah raga bersama atau bhakti sosial.

“Kalau bisa hubungan TNI dengan wartawan ditingkatkan, biar bertambah akrab. Misalnya olah raga bersama, lomba catur, atau latihan menembak,” tukasnya.

Untuk diketahui, selain mengundang anggota PWI Kabupaten Nganjuk, Kodim 0810/Nganjuk juga mengundang para insan pertelevisian, yakni dari organisasi IJTI. Acara juga diisi dengan tausiyah oleh KH. Mohammad Zainal Abidin dari Kecamatan Tanjunganom.

(ds/ab/2019)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname