Tim Prabowo-Sandi Tolak Tandatangan Hasil Pilpres di Nganjuk

Ketua KPU Nganjuk Yudha Harnanto berdialog dengan Ketua Badan Pemenangan Prabowo Sandi Nganjuk, Sukarno, usai memberikan formulir keberatan saksi, Rabu 1 Mei 2019 (ist)

Rabu 1 Mei 2019
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk - Tim Badan Pemenangan Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandi, menolak menandatangani berita acara rekapitulasi hasil pemilihan presiden (Pilpres) 2019 tingkat KPU Kabupaten Nganjuk.

Langkah tersebut diambil, setelah mereka mengklaim menemukan prosedur pengitungan suara yang tidak transparan.

"Saya memang sengaja tidak tandatangan, karena memang ada beberapa temuan ya. Misalnya, di Kecamatan Ngluyu. Itu salinan C1, kan harusnya dipajang selama tujuh hari. Itu di Kecamatan Ngluyu itu nggak ada sama sekali," kata Ketua Badan Pemenangan Prabowo-Sandi Nganjuk, Sukarno, Rabu malam 1 Mei 2019, usai mengikuti proses rekapitulasi tingkat Kabupaten Nganjuk.

Terkait hal itu, Sukarno mengaku sebelumnya memang belum melayangkan protes secara resmi ke KPU Nganjuk. Namun, dia menyebut sudah pernah menyampaikan permasalahan tersebut secara lisan kepada komisioner Bawaslu Nganjuk.

"Jadi kita sampaikan (ke Bawaslu). Ada yang sebagian setelah kita komplain itu dipasang (salinan C1), ada juga yang bandel. Sehingga kita kesulitan untuk mencari C1 pilpres," imbuh pria yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Nganjuk ini.

Ketua KPU Nganjuk Yudha Harnanto mengatakan, pihaknya tidak mempermasalahkan saksi dari Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi tidak mau menandatangani berita acara rekapitulasi hasil Pilpres 2019.

Menurutnya, tindakan itu tidak mempengaruhi proses rekapitulasi hasil Pilpres di Kabupaten Nganjuk.

"Untuk saksi yang tidak mau mendantangani, disediakan formulir khusus untuk keberatan," kata Yudha.

Dikatakannya, pelaksanaan rekapitulasi hasil Pilpres dan Pileg 2019 di Kabupaten Nganjuk sudah selesai dilakukan Rabu malam sekitar pukul 21.00 WIB. Hasilnya langsung dikirim ke KPU Provinsi Jatim malam itu juga.

Hasil rekapitulasi untuk Pilpres tingkat Kabupaten Nganjuk, pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul telak dari pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

Pasangan 01 memperoleh 541.179 suara atau sekitar 80,39 persen.
Sedangkan pasangan 02 mendapat 131.953 suara atau sekitar 19,61 persen.

Sedangkan jumlah surat suara yang masuk sebanyak 693.770 suara.
Rinciannya, suara sah sebanyak 673.132 suara dan suara tidak sah sebanyak 20.638 suara.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Nganjuk sebanyak 859.478 jiwa.

(ds/ab/2019)


Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System