Bupati Novi Jadi Pembina Apel, Anak Buahnya Asyik Selfie dan Merokok

Sejumlah ASN di barisan belakang tampak asyik berfoto selfie menggunakan ponsel, saat apel masih berlangsung di depan Pendopo Pemkab Nganjuk, Senin pagi 10 Juni 2019 (foto : matakamera.net)

Senin 10 Juni 2019
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk - Hari pertama masuk kerja bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Nganjuk, Senin 10 Juni 2019, diwarnai perilaku yang kurang disiplin.

Sejumlah ASN tampak datang terlambat. Mereka berlarian memasuki barisan apel yang dilaksanakan di jalan Basuki Rachmat, depan kompleks Pendopo Pemkab Nganjuk.

Namun, tak sedikit pula ASN yang tampak santai berjalan kaki menyusul ke lokasi apel, meskipun dia sudah terlambat datang.

Apel perdana usai libur Lebaran itu dimulai pukul 07.09 WIB, dari jadwal undangan yang tertulis pukul 06.30 WIB.

Ulah kurang terpuji para abdi negara ini juga tampak saat apel berlangsung.

Kamera wartawan sempat menangkap momen, saat beberapa ASN wanita asyik berfoto selfie di barisan belakang. Ada pula ASN pria yang duduk-duduk di trotoar Alun-Alun Nganjuk sambil merokok.

Dua orang ASN tampak duduk di atas trotoar, salah satunya asyik merokok sambil bermain HP. Mereka ada di barisan belakang saat apel masih berlangsung (foto : matakamera.net)

Padahal, di depan mereka Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat selaku pembina apel sedang berpidato.

Dikofirmasi usai apel, Bupati Novi tak menampik bahwa ada sejumlah ASN yang terlambat mengikuti apel. Menurutnya, keterlambatan itu karena sebagian ASN salah menerima informasi lokasi apel.

Mereka disebut Novi sempat mengira apel digelar di kantor OPD masing-masing, dan terlanjur datang ke kantornya sebelum belakangan menyusul ke pendopo.

Sedangkan terkait beberapa oknum ASN yang asyik merokok dan berfoto selfie di barisan belakang, Bupati Novi mengaku tidak melihatnya. Namun dia juga tidak membenarkan tindakan tersebut.

"Saya lihat yang di (depan) sini ya, tapi yang di belakang tadi, kalau namanya main HP atau selfie, ini karena lepas dari pantauan ya ndak masalah. Tapi saya minta ke depan, yang namanya apel yang tertib lah semuanya. Disiplin, HP di saku. Setelah itu (setelah apel) mau selfie silahkan," ujat Bupati Novi.

Adapun terkait kemungkinan ASN yang membolos di hari pertama kerja ini, Bupati Novi meminta seluruh pimpinan OPD dan inspektorat untuk melakukan pengecekan.

Dia mengaku tak segan memberi sanksi tegas, antara lain berupa pemotongan gaji pokok sebesar 5 persen, sesuai aturan resmi kedisiplinan ASN.

Sementara itu, usai apel, Bupati Novi bersama para ASN mengikuti halal-bihalal dengan saling bersalaman, dan bermaaf-maafan.

Bupati Novi dan Wakil Bupati Marhaen Djumadi, Sekda Agoes Soebagijo, serta jajaran Forkopimda berdiri berjajar yang kemudian satu persatu pegawai di Lingkup Pemkab Nganjuk saling bersalaman.

Di depan para ASN, Bupati atas nama pemerintah Kabupaten Nganjuk mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah dan menyampaikan Mohon Maaf Lahir Bathin.

Di bulan yang mulia ini, bupati mengajak juga para ASN dengan tulus ikhlas saling maaf-memaafkan satu sama lain atas segala kesalahan dan kekhilafan.

(ds/ab/2019)
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System