Kabupaten Nganjuk Terima Penghargaan atas Kawasan Tanpa Rokok

Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat usai menerima penghargaan Pastika Paramesti di Jakarta, Kamis 11 Juli 2019 (foto : humas pemkab nganjuk)

Jumat 12 Juli 2019
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - Pemerintah Kabupaten Nganjuk mendapat pengakuan di bidang kesehatan dari pemerintah pusat. Kamis 11 Juli 2019, Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat, S.Sos, MM., menerima penghargaan Pastika Paramesti tersebut dari Dirjen Penyehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan RI,  dr. Anung Sugiharto, M.Kes.

Pastika Paramesti adalah penghargaan yang diberikan kepada Provinsi/Kabupaten/Kota yang telah memiliki kebijakan baik, berupa peraturan Gubernur/Bupati/Walikota tentang KTR(Kawasan Tanpa Rokok). Daerah yang mendapat Pastika Paramesti adalah Kota Pasuruan, Kabupaten Bima, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Lingga, Kabupaten Asahan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk dr. Achmad Noeroel Cholis  yang mendampingi Bupati Novi mengatakan, penyerahan penghargaan tersebut berlangsung dalam Peringatan Hari Tembakau Sedunia 2019 di Auditorium Siwabessy Kantor Kementerian Kesehatan RI.

Ditambahkan Cholis, penghargaan tersebut diserahkan dalam rangkaian peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) yang diperingati pada tanggal 31 Mei 2019 yang mengangkat tema “Rokok dan Kesehatan Paru”. ini merupakan apresiasi yang harus menjadi upaya peningkatan implementasi Perda tentang pengendalian konsumsi tembakau, perda diberlakukan bukan hanya untuk  para perokok namun juga orang yang tidak merokok agar dapat menghirup udara sehat.

“Mengacu kepada surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, ada empat kategori penghargaan yang diserahkan pada peringatan tersebut yaitu Penghargaan Pastika Parama, Penghargaan Pastika Parahita, Penghargaan Awya Pariwara dan Penghargaan Paramesti,”.

Peraturan Bupati tersebut mewajibkan seluruh lingkungan kantor perangkat daerah, kantor camat, unit pelaksana teknis dinas dan kantor desa se Kabupaten Nganjuk memperlakukan kawasan tanpa rokok (KTR) dan menginstruksikan "seluruh perangkat daerah berperan serta secara aktif dalam mewujudkan kawasan tanpa rokok tersebut," terang Bupati.

(ds/humaspemkabnganjuk)
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System